facebook

Biar Tak Beracun, Simak Daftar Durasi Maksimal untuk Simpan Sisa Makanan di Kulkas

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Biar Tak Beracun, Simak Daftar Durasi Maksimal untuk Simpan Sisa Makanan di Kulkas
Ilustrasi kulkas. (Unsplash.com)

Faktor-faktor seperti jenis makanan, persiapan, dan tempat penyimpanan memengaruhi berapa lama sisa makanan bisa dikonsumsi.

Suara.com - Kementerian Pertanian Amerika Serikat mengatakan bahwa sisa makanan yang dibekukan sebenarnya aman untuk dimakan kapan saja tanpa batas waktu.

Namun, kemungkinan Anda tidak bisa membekukannya secara benar, sehingga sisa makanan mau tidak mau hanya disimpan di kulkas secara langsung.

Faktor-faktor seperti jenis makanan, persiapan, dan tempat penyimpanan memengaruhi berapa lama sisa makanan bisa dikonsumsi.

Menurut Live Strong, sis makanan umumnya dapat bertahan selama tiga hingga 4 hari di lemari es. Selebihnya, risiko keracunan akan meningkat.

Baca Juga: Ajaib! Pasar Kroya Ludes Terbakar, Kios Sosis Di Lantai Dua Utuh, Isi Kulkas Tetap Dingin

Berikut daftar jenis makanan dan berapa lama masa penyimpanannya.

Ilustrasi isi kulkas. (Dok : Sharp)
Ilustrasi isi kulkas. (Dok : Sharp)

1. Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan pada suhu 4 derajat Celcius atau di bawahnya, sesuai pedoman Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Kentang yang dimasak dan sayuran lainnya dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3 hingga 4 hari.

Beberapa buah dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat membuat produk lain rusak lebih cepat, salah satunya apel. Sehingga simpan apel berjauhan dengan produk lain.

Baca Juga: Cara Menyimpan ASI di Kulkas yang Aman, Lakukan Hal Ini Agar Nutrisi Baiknya Tetap Terjaga

2. Susu dan telur

Telur mentah dapat disimpan dengan aman selama 3 hingga 5 minggu sejak ditempatkan di lemari es. Sementara telur rebus dapat disimpan selama seminggu.

Produk turunan susu bervariasi dalam berapa lama mereka bertahan dan itu tergantung jenisnya. Yogurt dapat disimpan selama 1 sampai 2 minggu. keju lunak dapat disimpan hingga satu minggu, keju keras dapat disimpan selama 3 hingga 4 minggu, serta susu bisa disimpan hingga satu minggu.

3. Daging merah dan unggas

Daging merah, unggas yang dimasak, serta daging olahan, seperti chicken nugget, dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari.

4. Ikan dan kerang

Ikan yang dimasak akan bertahan selama 3 hingga 4 hari dan ikan asap akan bertahan hingga 14 hari. Sementara kerang yang dikupas dapat disimpan hingga 3 hari dan kerang yang dimasak dengan cangkangnya bertahan hingga 2 hari di lemari es.

5. Sup dan semur

Sup dan semur dengan daging atau sayuran baik untuk disimpan selama 3 hingga 4 hari di lemari es.

Komentar