facebook

5 Bahaya Asam Lambung Jika Tak Segera Ditangani

Yasinta Rahmawati
5 Bahaya Asam Lambung Jika Tak Segera Ditangani
Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels

Asam lambung yang tak segera ditangani bisa jadi masalah serius dikemudian hari. Simak risikonya di sini dan segera konsultasi jika rasa tak nyaman berkepanjangan!

Suara.com - Keluhan asam lambung memang jadi masalah tersendiri, yang sialnya, sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal bahaya asam lambung cukup besar jika terlalu lama disepelekan dan tidak ditangani secara medis. 

Pada umumnya asam lambung yang menimbulkan gangguan adalah ketika mula naik sampai ke tenggorokan. Banyak juga penyebab yang bisa memicu hal ini, mulai dari terlambat makan, makanan yang asam, makanan berlemak, hingga kelainan yang diderita di bagian lambung.

Nah, beberapa bahaya asam lambung ketika tak segera ditangani, antara lain sebagai berikut.

Paling Jelas, GERD

Baca Juga: Selain Makanan, 5 Kebiasaan Harian Ini Bisa Sebabkan Refluks Asam Lambung!

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah resiko paling jelas yang mengancam saat Anda tak lekas menangani asam lambung yang bermasalah. Hal ini bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan kerongkongan.

Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit GERD dan asam lambung. (Shutterstock)

Striktur

Kedua mungkin adalah striktur. Kondisi ini terjadi ketika ada kerusakan yang disebabkan oleh asam lambung, sehingga muncul luka di saluran pencernaan, khususnya tenggorokan. Luka ini yang membuat penderitanya sulit makan sehingga memicu kurangnya asupan nutrisi.

Pendarahan Gastrointestinal

Untuk yang ketiga, masih terkait dampak buruk keluhan asam lambung yang tidak ditindaklanjuti, adalah terjadinya pendarahan di dalam atau bagian dari saluran pencernaan. Sifat asam lambung yang sangat keras, benar-benar bisa membuat organ dalam terluka dan mengalami pendarahan.

Baca Juga: Inilah Mengapa Kecemasan Bikin Mulas, Ternyata Ada Hubungan Antara Otak dengan Usus!

Ilustrasi pengidap asam lambung. (Pixabay/AaronAmat)
Ilustrasi pengidap asam lambung. (Pixabay/AaronAmat)

Ulkus Peptikum

Ketika asam lambung tidak mendapatkan makanan untuk dipecahkan, maka asam lambung yang ada di perut bisa memicu terjadinya luka. Luka ini yang disebut dengan ulkus, yang bisa membuat perut terasa sangat tidak nyaman.

Esofagitis

Jika Ulkus Peptikum terjadi di area perut, maka Esofagritis justru terjadi di area kerongkongan. Gangguan ini dipicu asam lambung yang naik ke bagian tersebut, sehingga memicu terjadinya iritasi, pendarahan, bahkan luka pada bagian tenggorokan.

Sebenarnya bahaya asam lambung ini harus jadi perhatian mendasar bagi setiap orang. Sebab tak jarang asam lambung bisa ‘berulah’ karena hal-hal sepele. Maka dari itu, penting untuk Anda semua menjaga pola hidup sehat dan melakukan kontrol ke dokter secara rutin. Sederhana saja, tujuannya untuk mengenali risiko yang mungkin dimiliki, sehingga bisa segera diberikan penanganan tepat.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar