facebook

Trik dan Cara Mengatasi Susah Tidur, Ini 5 Poinnya!

Yasinta Rahmawati
Trik dan Cara Mengatasi Susah Tidur, Ini 5 Poinnya!
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Berikut 5 poin mengenai trik dan cara mengatasi susah tidur untuk Anda!

Suara.com - Mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari bisa jadi kunci kebugaran tubuh dan mood yang baik. Tentu saja, hal ini idealnya didapatkan dari waktu tidur malam yang cukup pula. Namun adakah cara mengatasi susah tidur untuk orang-orang di luar sana yang mengalami hal demikian?

Susah tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari yang bersifat fisik, hingga yang sifatnya psikologis. Namun beberapa cara mengatasi susah tidur di bawah ini bisa Anda coba. Mari simak satu per satu.

Makanan Sehat

Makanan sehat dengan porsi yang sesuai bisa jadi kunci yang membantu mengatasi masalah susah tidur. Tanpa disadari, terlalu banyak lemak, atau terlalu banyak makanan berminyak, buruk untuk metabolisme tubuh sehingga menyulitkannya beristirahat di malam hari.

Baca Juga: Viral Kebiasaan Balita Makan Dalam Kondisi Tidur, Warganet Justru Ingatkan Hal Ini

Tidak Merokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin dan tar yang ada pada rokok membuat Anda semakin sulit tertidur. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk tidak merokok beberapa saat sebelum tidur, agar tubuh bisa merasa rileks dan lebih cepat terlelap.

Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi tidur. (Sumber: Shutterstock)

Jam Aktivitas yang Tertata

Salah satu penyebab sulit tidur di malam hari adalah karena memiliki pola aktivitas yang tidak menentu. Tubuh jadi sulit menyesuaikan diri dan mengatur jam biologis. Maka dari itu cara mengatasi susah tidur salah satunya adalah memiliki rutinitas tetap setiap hari.

Waktu Relaksasi

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga saat Si Kecil Tidur Siang

Salah satu hal yang sering dilupakan ketika ingin tidur cepat adalah tidak adanya waktu untuk melakukan relaksasi. Padahal, kerja organ tubuh perlu dibuat lebih rileks sebelum bisa tertidur dengan cepat. Luangkan waktu sejenak untuk melakukan relaksasi fisik dan pikiran.

Ilustrasi kamar tidur. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi kamar tidur. (Pixabay/Pexels)

Kondisi Kamar yang Nyaman

Kondisi kamar yang nyaman dan wangi bisa juga mendukung Anda terlelap lebih cepat. Cahaya remang-remang, wangi-wangian aroma terapi, dan sarung bantal yang bersih, bisa mendukung Anda tertidur lebih cepat. Ketika merasa nyaman dan tenang, maka tubuh juga akan terlelap lebih cepat.

Anda bisa menemukan banyak cara mengatasi susah tidur yang lain, tapi beberapa cara di atas terbilang cukup ampuh untuk membantu tidur lebih cepat. Semoga tips di atas bisa berguna untuk Anda, dan selalu terapkan pola hidup sehat.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar