facebook

Cobalah Tidur Tanpa Selimut, Ini 4 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Cobalah Tidur Tanpa Selimut, Ini 4 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh!
Ilustrasi Tidur Pakai Selimut (freepik.com)

Banyak orang belum mengenai manfaat luar biasa dari tidur tanpa selimut.

Suara.com - Sebagian besar orang pasti terbiasa tidur menggunakan selimut untuk menghangatkan tubuh atau sekadar mendapatkan rasa nyaman.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa tidur menggunakan selimut justru tidak cukup baik. Sebaliknya, tidur tanpa selimut justru memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini dilansir dari BrightSide, beberapa manfaat kesehatan tidur tanpa selimut.

1. Meningkatkan metabolisme Anda

Baca Juga: Covid-19 Omicron Melonjak, Menteri Nadiem Minta Sekolah Perketat Prokes Saat PTM 100 Persen

Tidur menggunakan selimut memang menghangatkan dan nyaman. Tapi, tidur tanpa selimut bisa membantu menurunkan beberapa kilogram lemak tubuh.

Tidur dalam kondisi yang lebih dingin bisa meningkatkan metabolisme Anda dan meningkatkan jumlah lemak baik dalam tubuh.

Ilustrasi tidur pakai selimut (Freepik/jcomp)
Ilustrasi tidur pakai selimut (Freepik/jcomp)

2. Tidur lebih cepat

Saat cuaca sangat dingin, kita biasanya berusaha menghangatkan tubuh menggunakan selimut. Padahal, suhu yang lebih dingin justru akan membuat tidur lebih nyenyak.

Karena, suhu tubuh kita mulai turun sekitar 60-90 menit sebelum tidur. Suhu yang terlalu panas bisa membuat tubuh membuang lebih banyak energi untuk mengatur suhu dan membuat Anda lebih terjaga di malam hari.

Baca Juga: China Laporkan Kota Kedua yang Deteksi Varian Omicron

3. Kualitas tidur meningkat

Jika Anda pernah terbangun di tengah malam dan merasa ingin melepaskan selimut Anda, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Suhu yang lebih dingin di malam hari membantu kita tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, suhu yang terlalu hangat justru akan mengganggu tidur kita.

Suhu yang tepat untuk tidur nyenyak itu antara 15-19 derajat Celcius. Suhu yang lebih tinggi atau terlalu hangat bisa mengganggu tahap gerakan mata cepat Anda, yang menyebabkan Anda bangun tidur dengan lelah.

4. Kulit lebih sehat

Selimut yang hangat dan tebal dapat memerangkap panas di sekitar tubuh Anda. Selain mengganggu tidur, selimut bisa menyebabkan timbulnya jerawat tertentu yang disebut jerawat keringat.

Selimut tebal dan berat yang terbuat dari kain sintetis tidak memungkinkan tubuh Anda untuk mengatur suhunya dan dapat menyebabkan keringat.

Keringat yang dikombinasikan dengan panas dan gesekan dapat menyumbat pori-pori Anda. Pada akhirnya, ini bisa menyebabkan jerawat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar