facebook

6 Cara Mengatasi Susah Tidur, Sederhana dan Mudah

Yasinta Rahmawati
6 Cara Mengatasi Susah Tidur, Sederhana dan Mudah
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Anda sedang mencari cara mengatasi susah tidur? Anda bisa temukan 6 poinnya di artikel ini!

Suara.com - Secara ideal tubuh memerlukan waktu istirahat rutin setiap harinya agar dapat berfungsi optimal dan terjaga kondisinya. Namun, tak semua orang bisa tidur dengan mudah. Beberapa orang kesulitan mencari cara mengatasi susah tidur. Tentu saja, akan kami sajikan beberapa tips untuk hal itu.

Sebelum masuk pada tips yang kami berikan untuk Anda, perlu diingat sebagai catatan bahwa tips ini adalah tips umum yang tidak menjanjikan apapun. Setidaknya, tips berikut terbukti pada cukup banyak orang berhasil mengatasi masalah susah tidur, dan memberikan waktu tidur yang diperlukan.

Jika keluhan susah tidur masih berlanjut, maka ada baiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tips Mengatasi Susah Tidur

Baca Juga: Mengenal Jadwal Tidur Baik dan Buruk Lewat Buku "Jangan Tidur Sore Hari!!!"

1. Disiplin pada Jam Tidur

Percaya atau tidak, disiplin pada jam tidur akan membantu mengatasi susah tidur. Jika memang belum bisa tidur di bawah jam 12 malam misalnya, latih diri Anda untuk tidur lebih cepat setiap harinya. Lakukan secara konsisten setiap hari.

2. Waktu Tidur Siang

Tak sedikit orang yang mengalami susah tidur di malam hari karena waktu tidur siang terlalu panjang. Jadi solusinya, batasi waktu tidur siang. Jika hanya sekedar power nap, Anda bisa melakukannya 10 sampai 15 menit saja.

3. Tidak Merokok Sebelum Tidur

Baca Juga: Alami Insomnia, Ini Terapi yang Harus Dilakukan

Nikotin di dalam rokok bisa membuat Anda susah tidur dan terjaga sepanjang malam, karena memacu kerja jantung dan memberikan pengaruh pada otak. Jadi jika memungkinkan, kurangi rokok atau jangan merokok sebelum tidur. Akan lebih baik jika tidak merokok sama sekali.

Ilustrasi susah tidur. (Pexels.com/Ivan Samkov)
Ilustrasi susah tidur. (Pexels.com/Ivan Samkov)

4. Olahraga Rutin

Dengan olahraga secara rutin, tubuh terbiasa bergerak dan mengeluarkan tenaga. Secara otomatis, di malam hari rasa lelah ini akan membuat Anda lebih cepat tertidur dan mengatasi masalah susah tidur yang Anda miliki.

5. Bantu dengan Wangi-Wangian

Kini tersedia banyak opsi produk yang bisa membantu Anda merasa nyaman lebih cepat. Misalnya saja produk wangi-wangian, baik aroma terapi atau lilin beraroma, atau dupa. Wangi yang menenangkan bisa membuat Anda lebih cepat terlelap di malam hari.

6. Berikan Waktu Relaksasi

Jarang yang memperhatikan waktu relaksasi sebelum tidur malam. Padahal hal ini mampu membantu mengatasi susah tidur. Tenangkan diri beberapa saat sebelum terlelap. Jauhkan diri dari gadget, kosongkan pikiran, dan rasakan Anda akan terlelap lebih cepat.

Keenam tips mengatasi susah tidur di atas bisa Anda coba sendiri di rumah. Namun jika tak kunjung membuahkan hasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang kompeten di bidangnya guna mendapatkan solusi lebih profesional.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar