facebook

Ragam Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya, Penting Diketahui Penduduk Negara Tropis!

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Ragam Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya, Penting Diketahui Penduduk Negara Tropis!
Ilustrasi Kesehatan Kulit (pexels)

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia membuat penyakit yang mengganggu kesehatan kulit lazim dialami masyarakat, termasuk kulit kering.

Suara.com - Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia membuat penyakit yang mengganggu kesehatan kulit lazim dialami masyarakat, termasuk kulit kering.

Penyebab kulit kering biasanya memang bukan masalah kesehatan serius. Namun pada beberapa orang, memiliki kulit kering bisa membuatnya percaya diri.

Cuaca memang memegang peranan paling besar dalam menyebabkan kulit kering. Cuaca panas dan lembap misalnya, bisa membuat kulit kering.

Mengutip Mayo Clinic, kulit kering seringkali bersifat sementara. Namun biasanya kulit kering tergantung pada usia seseorang, riwayat kesehatannya, tempat tinggalnya, dan berapa lama waktu yang dihabiskan di luar ruang.

Baca Juga: Tak Bisa Mencari Ikan ke Tengah Laut karena Cuaca Buruk, Pendapatan Nelayan Pangandaran Turun

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

Ada beberapa gejala terjadinya kulit kering, antara lain kulit terasa kasar, kulit menjadi gatal, kulit mengelupas, kulit retak dan memiliki garis halus, hingga kulit kemerahan.

Apa Saja Penyebab Kulit Kering?

Kulit kering sering dikaitkan karena pengaruh lingkungan luar. Karena itu, menjaga kesehatan kulit saat pergi ke luar rumah merupakan hal utama.

Cuaca: Kulit cenderung kering saat musim dingin, pada saat suhu dan tingkat kelembapan cenderung menurun.

Cuaca panas: Penyebab kulit kering terjadi karena adanya paparan pemanas sentral, tungku pembakaran kayu, dan pemanas ruangan. Tentunya, paparan panas dapat mengurangi kelembapan kulit.

Baca Juga: Potensi Hujan Es, Pekan Depan Jalur Pendakian Gunung Tambora Mulai Ditutup

Mandi air panas: Mandi air panas atau berendam dalam jangka waktu yang lama membuat kulit Anda kering. Begitu juga dengan sering berenang, terutama di kolam yang mengandung banyak klorin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar