5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Meringankan Pilek hingga Meningkatkan Kesehatan Tulang

Yasinta Rahmawati

Senin, 24 Januari 2022 | 14:37 WIB
5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Meringankan Pilek hingga Meningkatkan Kesehatan Tulang
Ilustrasi gambar (freepik)

Suara.com - Bawang putih secara ilmiah dikenal sebagai Allium sativum, yakni kerabat dekat bawang dan berasal dari Asia Tengah. Bola bawang putih berisi beberapa siung dan setiap siung ditutupi dengan kulit tembus pandang yang lembut. Lantas, apa saja manfaat makan bawang putih mentah?

Melansir dari situs Organicfact, Minggu (23/1/2022), sejak lebih  dari 3000 tahun, bawang putih sudah digunakan sebagai bumbu bumbu dapur dan pengobatan tradisional. Sir Louis Pasteur, ilmuwan yang menemukan pasteurisasi, menggunakan kualitas anti-bakteri ramuan ini  sejak tahun  1858. 

Selain itu, sebuah laporan dalam Journal of Pharmaceutical Research menyarankan mengonsumsi tiga siung bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah flu. 

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini manfaat makan bawang putih mentah yang di lansir dari situs Organicfatc.

1. Meringankan Pilek dan Batuk

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih setiap hari membantu dalam menjaga tubuh dari serangan flu, batuk, dan pilek.

2. Mengurangi Hipertensi

Ekstrak bawang putih tua memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah pada individu hipertensi. Namun, hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi apakah bawang putih dapat dianggap sebagai terapi alternatif untuk hipertensi. 

Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)
Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

baca juga

Bawang putih memiliki sifat kardioprotektif yang signifikan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung utama seperti aterosklerosis, hiperlipidemia, trombosis, hipertensi, dan banyak lagi. Selain itu, bawang putih bermanfaat untuk mellindungi kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Herbal seperti bawang putih dan bawang merah dapat mempengaruhi kadar estrogen pada wanita menopause, mengurangi risiko osteoartritis. Di sisi lain juga dapat meminimalkan keropos tulang dan meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan baik pada pria maupun wanita. 

5. Mengurangi Risiko Demensia

Kerusakan oksidatif dapat memainkan peran besar dalam penyakit kardiovaskular dan demensia karena risiko penyakit ini meningkat seiring bertambahnya usia. Ekstrak bawang putih tua (AGE) memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit otak umum seperti demensia dan penyakit Alzheimer, serta mengurangi stres oksidatif.

Demikian informasi mengenai 5 manfaat makan bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Kontributor : Ulil Azmi

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Mata Merah dan Berair Saat Mengupas Bawang

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Mata Merah dan Berair Saat Mengupas Bawang

Lifestyle | Rabu, 19 Januari 2022 | 07:05 WIB

Bawang Putih 95 Persen Impor, Pedagang Pasar Khawatir

Bawang Putih 95 Persen Impor, Pedagang Pasar Khawatir

Bisnis | Rabu, 05 Januari 2022 | 14:44 WIB

Dijamin Awet Berbulan-bulan, Begini Tips Simpan Bawang Putih Agar Tetap Segar

Dijamin Awet Berbulan-bulan, Begini Tips Simpan Bawang Putih Agar Tetap Segar

Lifestyle | Rabu, 29 Desember 2021 | 16:00 WIB

Terkini

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

Review Unerd Beat Tempo, Sepatu Lari Rp500 Ribuan Cocok Buat Interval dan Tempo Run

Review Unerd Beat Tempo, Sepatu Lari Rp500 Ribuan Cocok Buat Interval dan Tempo Run

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

Gempa Flores, Ratusan Paket Bantuan Darurat Disalurkan ke Lima Titik Pengungsian

Gempa Flores, Ratusan Paket Bantuan Darurat Disalurkan ke Lima Titik Pengungsian

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:28 WIB

Pantai Viral di Tengah Kota Palembang, One Ilir Beach Ramai Didatangi Warga saat Kemarau

Pantai Viral di Tengah Kota Palembang, One Ilir Beach Ramai Didatangi Warga saat Kemarau

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:24 WIB

Cara Top up Pulsa di BRImo Agar Dapat Cashback Spesial 17 Agustus

Cara Top up Pulsa di BRImo Agar Dapat Cashback Spesial 17 Agustus

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:21 WIB

Diskon Khusus 17 Agustus di Kopi Kenangan, Nasabah BRI Merapat!

Diskon Khusus 17 Agustus di Kopi Kenangan, Nasabah BRI Merapat!

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:03 WIB

Volume Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Melonjak Jelang 17 Agustus

Volume Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Melonjak Jelang 17 Agustus

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:44 WIB

BNPB Minta Warga Segera Laporkan Kerusakan Rumah Usai Gempa NTT

BNPB Minta Warga Segera Laporkan Kerusakan Rumah Usai Gempa NTT

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:32 WIB

Daftar e-Wallet yang Dapat Promo Top-up BRImo Spesial 17 Agustus

Daftar e-Wallet yang Dapat Promo Top-up BRImo Spesial 17 Agustus

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:21 WIB

×