facebook

5 Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda, Wajib Dipahami!

Yasinta Rahmawati
5 Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda, Wajib Dipahami!
Foto oleh Engin Akyurt dari Pexels

Serangan jantung di usia muda mengalami peningkatan pesat belakangan ini. Simak pemicunya di sini!

Suara.com - Agaknya tren penyakit yang dahulu dikenal 'tua' kini semakin bergeser ke anak-anak muda. Serangan jantung misalnya, dahulu lebih identik dengan penyakit orang tua. Namun kini, serangan jantung di usia muda ternyata mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan.

Peningkatan tren yang kurang baik ini diduga karena pola hidup yang diterapkan generasi kekinian yang terbilang kurang sehat. Well, banyak hal bisa jadi pemicu serangan jantung di usia muda, dan kebetulan banyak di antaranya yang dilakukan oleh orang muda sekarang.

Memangnya Apa Saja yang Bisa Jadi Pemicunya?

Serangan jantung di usia muda bisa terjadi karena beberapa faktor besar. Serangan jantung sendiri terjadi karena rusaknya pembuluh darah, sehingga ada penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah dari dan ke jantung terhambat.

Baca Juga: Anak Nurul Arifin Meninggal, Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu terganggunya aliran darah ini, antara lain :

  1. Menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi akibat berbagai hal
  2. Obesitas dan masalah berat badan berlebih
  3. Konsumsi rokok yang berlebihan
  4. Penggunaan obat-obatan terlarang
  5. Konsumsi alkohol yang berlebihan

Jika dilihat dari lima poin di atas, intinya adalah pola hidup yang kurang sehat bukan? Belum lagi ditambah pemilihan makanan yang kurang bernutrisi dan tingkat olahraga yang rendah. Tak heran, tren serangan jantung di usia muda meningkat pesat, karena gaya hidup serba cepat yang kini dianut masyarakat luas.

Serangan Jantung (Envato)
Serangan Jantung (Envato)

Ketika Berada dalam Risiko Serangan Jantung di Usia Muda, Kapan Waktu yang Tepat ke Dokter?

Risiko serangan jantung di usia muda memang bukan hal yang main-main, dan bisa berakibat fatal pada penderitanya. Maka tentu harus dipahami benar kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter, dengan tujuan memeriksakan diri dan mendapatkan penanganan lebih baik.

Ketika Anda merasakan serangan ringan, maka itu tandanya Anda sudah harus mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Semakin cepat semakin baik, sehingga penanganan yang diberikan juga akan makin efektif.

Baca Juga: Anak Nurul Arifin Meninggal, Ketahui Alasan Serangan Jantung Terjadi di Usia Muda Menurut Penelitian

Menghadapi risiko serangan jantung di usia muda memang bukan hal yang mudah. Cermat dalam mendeteksi gejalanya, serta mulai menerapkan pola hidup sehat sejak dini, akan jadi kunci cepatnya masalah ini teratasi. Semoga artikel ini berguna, dan selamat beraktivitas kembali.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar