facebook

Pfizer Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 Khusus Untuk Varian Omicron, Kapan Rampung?

Bimo Aria Fundrika
Pfizer Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 Khusus Untuk Varian Omicron, Kapan Rampung?
Penjelasan lengkap apa itu Messenger RNA atau mRNA basis Vaksin Moderna dan Vaksin Pfizer.

Vaksin terus menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh Omicron, kata CEO dan salah satu pendiri BioNTech Ugur Sahin.

Suara.com - Pfizer telah memulai studi uji klinis vaksin khusus untuk memberikan perlindungan dari varian virus corona omicron.

Studi ini akan memeriksa respons imun dan keamanan suntikan baru pada 1.420 orang dewasa sehat berusia 18 hingga 55 tahun. Demikian kata Pfizer dan BioNTech, mitranya dalam vaksin pertama.

“Vaksin terus menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh Omicron,” kata CEO dan salah satu pendiri BioNTech Ugur Sahin.

“Namun, data yang muncul menunjukkan perlindungan yang diinduksi vaksin terhadap infeksi dan penyakit ringan hingga sedang berkurang lebih cepat daripada yang diamati dengan jenis sebelumnya.”

Baca Juga: 2 Pasien Omicron Meninggal, Puan Maharani: Vaksinasi Harus Dikebut!

Vaksin Pfizer.  (Don Emmert/AFP)
Vaksin Pfizer. (Don Emmert/AFP)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan vaksin berbasis varian yang memberikan perlindungan serupa terhadap omicron yang sangat menular seperti yang dilakukan Pfizer untuk jenis Covid-19 sebelumnya, kata Sahin.

Studi Pfizer dan BioNTech akan memeriksa respons imun dan keamanan suntikan baru pada 1.420 orang dewasa sehat berusia 18 hingga 55 tahun.

Kelompok pertama yang terdiri dari sekitar 615 peserta dalam penelitian ini menerima dua dosis suntikan Pfizer yang ada dari 90 hingga 170 hari setelah mendaftar dalam uji coba, dan akan mendapatkan satu atau dua dosis vaksin khusus Omicron, menurut pembuat obat.

Kelompok kedua yang terdiri dari sekitar 600 orang memiliki tiga dosis suntikan Pfizer yang ada sebelum mengambil bagian dalam penelitian dan akan mengambil dosis lain dari vaksin saat ini atau satu dosis suntikan yang menargetkan Omicron.

Kelompok peserta ketiga tidak divaksinasi dan akan mendapatkan tiga dosis vaksin khusus Omicron.

Baca Juga: Pasien Omicron Di Indonesia Terus Bertambah Jadi 1.766 Orang, 449 Transmisi Lokal

Satu orang telah mendapatkan vaksin khusus Omicron, menurut The Wall Street Journal. Hasil studi diharapkan pada paruh pertama tahun 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar