facebook

Isi Bekal Sekolah Anak Ternyata Bisa Ungkap Gaya Pengasuhan Orangtua

Vania Rossa | Lilis Varwati
Isi Bekal Sekolah Anak Ternyata Bisa Ungkap Gaya Pengasuhan Orangtua
Ilustrasi bekal sekolah anak [shutterstock]

Ada dua tipe orangtua jika dilihat cara mereka dalam menyiapkan bekal sekolah untuk anaknya.

Suara.com - Sebagian orangtua biasanya membuatkan bekal makanan bagi anaknya untuk dimakan saat jam istirahat sekolah. Meski hal ini merupakan kebiasaan baik, muncul kekhawatiran apabila bekal yang diberikan cenderung kurang bergizi atau hanya mengandung tinggi gula.

Seorang guru yang juga pendiri Footprints Learning for Life di Hartlepool, Inggris, Sharon Birch, mengatakan bahwa isi bekal makan siang anak-anak sebenarnya bisa mengungkap gaya pengasuhan orangtua.

Sharon mengatakan, roti lapis termasuk salah satu menu bekal yang paling sering dibawa siswa sekolah. Tetapi isi dari roti telah berubah selama bertahun-tahun.

Beberapa anak biasanya ada yang membawa roti dengan kemasan supermarket. Menurut Sharon, bekal itu menunjukkan orangtua yang sibuk bekerja hingga tidak sempat membuatkan bekal.

Baca Juga: Bawa Bekal Ayam Goreng, Aksi Teman Langsung Geprek Sukses Bikin Syok

"Kami mendorong orangtua untuk menemukan alternatif yang lebih sehat. Tidak harus menjadi karya seni atau dibuat untuk mengesankan, bekal hanya harus sehat dan mengenyangkan," kata Sharon kepada The Sun.

Bekal buah selalu dianjurkan. Tetapi, ia mengingatkan agar orangtua tidak lupa memotong buah jadi bagian kecil untuk menghindari bahaya anak tersedak.

Dipahami Sharon dan rekan guru lainnya bahwa beberapa orangtua mungkin alami kesulitan secara finansial. Sehingga seringkali memilih makanan yang tidak sehat dan lebih murah di supermarket.

"Seorang gadis kecil secara teratur membawa roti naan besar dan juga beberapa batang cokelat. Ia memberi tahu kami bahwa hanya itu yang akan dia makan. Kami menawarkan beberapa makanan ringan yang lebih sehat dan dia menyukainya," cerita Sharon.

Menurut Sharon, selalu ada dua tipe orangtua dalam menyiapkan bekal sekolah untuk anaknya.

Baca Juga: Inspirasi Bekal Sekolah Anak, Ini Resep Nasi Tim Ayam Jamur dari Chef Devina Hermawan

Beberapa orangtua memiliki waktu untuk membuat makan siang yang disusun dengan indah untuk anak-anaknya. Sedangkan orangtua lain, akan memberikan apa pun yang bisa disiapkan untuk menjadi bekal di sela waktu sibuk mereka saat pagi hari.

Nah, tipe orangtua yang manakah Anda?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar