facebook

Menstrual Cup Lokal Indonesia Ini Diklaim Dibuat Berdasarkan Anatomi Panggul Perempuan Asia

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Menstrual Cup Lokal Indonesia Ini Diklaim Dibuat Berdasarkan Anatomi Panggul Perempuan Asia
Menstrual Cup. (Dok: Istimewa)

Tapi sayangnya kebanyakan menstrual cup yang beredar di Indonesia kebanyakan buatan China, cenderung murah tapi mudah bocor.

Suara.com - Menstrual cup dinilai sebagai solusi dari sampah pembalut yang merusak lingkungan, termasuk juga mempermudah aktivitas perempuan saat periode menstruasi.

Apalagi dengan menstrual cup, perempuan tidak perlu mencuci pembalut dan cukup membilas menstrual cup dengan air untuk bisa dipakai kembali.

Tapi sayangnya kebanyakan menstrual cup yang beredar di Indonesia kebanyakan buatan China, cenderung murah tapi mudah bocor. Jika ada kualitas yang baik harga yang mahal, buatan Amerika namun cenderung tidak nyaman digunakan.

Hal ini dibenarkan Dokter Spesialis Kandungan, dr. Darrell Fernando, Sp.OG yang mengatakan bahwa anatomi dan bentuk panggul perempuan kulit putih seperti Eropa dan Amerika berbeda dengan perempuan Asia.

Baca Juga: 4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid hingga Anti Penuaan!

Menstrual Cup. (Dok: Istimewa)
Menstrual Cup. (Dok: Istimewa)

"Kalau bentuk panggul dan panjang, perempuan kulit putih seperti Amerika dan Eropa itu cenderung lebih lebar dan panjang. Sedangkan bentuk panggul dan panjang serviks perempuan Asia itu cenderung lebih kecil dan pendek," ujar Darrell dalam peluncuran menstrual cup Filmore, Kamis (27/1/2022).

Inilah jadi alasan Filmore meluncurkan menstrual cup buatan lokal, yang bentuk dan ukurannya disesuaikan anatomi perempuan Asia, khususnya perempuan Indonesia. Selain itu kualitasnya tidak kalah dengan brand Amerika, tapi nyaman dipakai digunakan.

Diceritakan salah satu pendiri Filmore Andrea Gunawan, untuk membuat produk ini memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk merancang dan membuat produk, termasuk berkonsultasi dengan para ahli.

"Dengan adanya produk menstrual cup ini, para perempuan tidak perlu lagi membeli pembalut atau tampon lagi setiap bulannya. Menstrual cup dari Filmore yang dibuat khusus untuk perempuan Asia, tahan hingga 10 tahun dengan 8 jam waktu pemakaian,” ujar Andrea saat konferensi pers, Rabu (26/1/2022).

Adapun Girlfriend Menstrual Cup ini terbuat dari medical-grade silicone dari Jerman ini diklaim tahan lebih lama dan lebih fleksibel dari silicone lain sehingga lebih mudah dilipat dan lebih nyaman dipakai.

Baca Juga: Berhenti Sekarang, Merokok Bisa Bikin Siklus Menstruasi Tak Lancar

Produk ini juga dilengkapi dengan inner rim yang membuat produk ini anti bocor dan lebih mudah digunakan untuk perempuan Asia dan pemula.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar