facebook

4 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bantu Melawan Peradangan hingga Mengurangi Stres

Yasinta Rahmawati
4 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bantu Melawan Peradangan hingga Mengurangi Stres
Foto oleh Julia Volk dari Pexels

Sudah tahu manfaat buah sirsak untuk kesehatan? Simak 4 poinnya di sini!

Suara.com - Hijau, berduri, berkulit tebal, dengan daging buah putih, rasa asam, dan kenyal, buah apakah itu? Ya, Anda benar sekali, deskripsi tersebut merujuk pada buah sirsak. Selain memiliki rasa yang segar, ternyata manfaat buah sirsak cukup banyak lho untuk kesehatan!

Buah ini awam dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus. Bahkan pada beberapa minuman, sirsak dijadikan tambahan atau campuran untuk memberikan rasa unik. Tentu karena termasuk dalam salah satu jenis buah, kandungan nutrisinya cukup banyak sehingga banyak pula membawa manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan Buah Sirsak

Dalam satu buah sirsak, terdapat kandungan yang jumlahnya sangat banyak. Berikut beberapa kandungan yang ada di dalam sirsak.

Baca Juga: Cegah Dampak Buruk Infeksi Covid-19 Varian Omicron, Yuk Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Ada Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Gula, Vitamin B, Vitamin C, Folat, Kalsium, Zat Besi, Potasium, Magnesium, Fosfor, Zink, hingga Tembaga. Setiap kandungan ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh, serta memberikan asupan nutrisi agar tubuh bisa berfungsi optimal.

Ilustrasi buah sirsak (pixabay) / WonderfulBali.
Ilustrasi buah sirsak (pixabay) / WonderfulBali.

Lalu Apa Saja Manfaatnya?

Beberapa manfaat buah sirsak yang bisa Anda rasakan ketika dikonsumsi secara rutin antara lain adalah sebagai berikut.

1. Untuk Pencernaan

Kandungan Serat yang tinggi dalam buah sirsak dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian hingga 83%. Serat yang ada di dalam buah ini jelas dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga membuat pencernaan menjadi shat.

Baca Juga: 3 Bahan dalam Skincare yang Efektif Atasi Masalah Skin Barrier Rusak

2. Gula Darah

Ekstrak sirsak diketahui dapat mengurangi kadar gula darah sebanyak 75%. Namun penelitian ini belum dilakukan pada manusia, dan baru sekedar dilakukan di lab pada tikus percobaan. Tentu, riset lebih lanjut diperlukan untuk hal ini.

3. Membantu Mengurangi Peradangan

Tubuh memang sering mengalami peradangan sebagai respon imun pada cedera yang terjadi. Ekstrak buah sirsak diketahui dapat mengurangi peradangan dengan cukup signifikan, sehingga bisa jadi solusi untuk peradangan yang dialami seperti radang sendi pada tulang.

4. Menghilangkan Stres

Teh sirsak diketahui dapat membantu menghilangkan stres dan insomnia yang dialami seseorang. Penelitian ini dilakukan Rutgers University Libraries untuk melihat efek anti radang yang dimiliki dari buah tersebut.

Itu tadi beberapa manfaat buah sirsak yang bisa disebutkan. Tentu, seiring perjalanan riset yang dilakukan, mungkin akan banyak lagi manfaat yang ditemukan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan teruslah terapkan pola hidup sehat.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar