facebook

Hati-Hati, 5 Minuman Ini Bikin Gula Darah Naik saat Lebaran

Yasinta Rahmawati
Hati-Hati, 5 Minuman Ini Bikin Gula Darah Naik saat Lebaran
Ilustrasi minuman dengan kadar gula tinggi. (Pixabay)

Waspadai beberapa jenis minuman yang bisa membuat gula darah naik dalam waktu singkat saat lebaran.

Suara.com - Makan dan minum selama perayaan Lebaran mungkin akan jadi saat yang menyenangkan bagi semua orang. Namun demikian ketika dilakukan berlebihan, maka dampak buruk pada kesehatan siap mengintai. Terlebih ketika Anda mengonsumsi 5 minuman yang bisa bikin gula darah naik saat Lebaran.

Sebenarnya cukup banyak minuman yang dapat memicu kenaikan gula darah. Namun secara sederhana, setidaknya 5 minuman ini yang paling sering muncul dan diminum kebanyakan orang saat Lebaran. Maka berikut daftar lengkapnya.

5 Minuman Bikin Gula Darah Naik saat Lebaran

1. Sirup

Baca Juga: KAI Siapkan 781.589 Tempat Duduk, Ini Tanggal yang Dipilih Masyarakat untuk Mudik Lebaran Melalui Kereta Api

Sepertinya minuman ini asosiasinya sangat erat dengan momen Lebaran. Menyegarkan dan menawarkan banyak rasa, sirup jadi opsi utama untuk dinikmati dan disajikan. Namun demikian ketika Anda meminum terlalu banyak, gula darah di dalam tubuh bisa meningkat pesat. Kandungan karbohidrat dan fruktosa yang dimilikinya dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Es Kopi Susu

Solusi paling tepat untuk mata mengantuk dan kurang semangat bukan? Faktanya, secangkir kopi susu berukuran 240 ml mengandung 9 gram gula. Kandungan ini setara dengan sepertiga batas konsumsi gula harian yang disarankan. Kopi susu juga disajikan bersama susu kental manis dan krimer, yang mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi. Tampak jelas bahwa tak boleh dikonsumsi berlebihan bukan?

3. Jus Buah

Jus buah yang dimaksud adalah jus buah dengan tambahan gula di dalamnya. Jus buah pada dasarnya sudah memiliki rasa alami yang cukup nikmat dan manis. Ketika ditambahkan gula, maka Anda akan mendapatkan asupan gula berlebih. Di samping itu, nutrisi dalam jus buah tidak dapat membawa manfaat maksimal, karena akan kalah dengan gula yang Anda masukkan.

Baca Juga: Mitsubishi Siapkan Posko Darurat Kawal Mudik Lebaran, Ini Daftar Lokasinya

4. Minuman Bersoda

Sebagai minuman rekreasional yang diminum sesekali tentu tak masalah. Namun ketika dikonsumsi berlebihan, minuman bersoda akan memberikan kadar gula sangat tinggi dalam diri Anda. Setidaknya dalam satu kemasan minuman bersoda, pemanisnya setara dengan 10 sendok teh, sementara kebutuhan harian gula manusia dewasa hanya 6 sampai 12 sendok teh saja.

5. Teh Manis

Saat bersilaturahmi dari rumah ke rumah saat Lebaran, minuman lain yang paling umum disajikan adalah teh manis. Teh memang tidak berbahaya, tapi ingat bahwa ada kandungan gula di sana, terlabih jika itu teh kemasan. Terbayang bukan jika dalam satu hari meneguk beberapa gelas teh manis, tentunya gula darah akan melonjak.

Semoga informasi terkait 5 minuman bikin gula darah naik saat Lebaran di atas bisa berguna untuk Anda. Batasi minuman di atas agar gula darah tetap stabil pasca Lebaran.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar