facebook

Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat
Ilustrasi anak makan (Elements Envato)

Untuk mengetahui bagaimana cara mendorong anak mau makan makanan sehat, simak tipsnya berikut ini.

Suara.com - Memerhatikan kebutuhan nutrisi merupakan hal penting bagi kesehatan anak. Bagi sebagian orangtua, hal itu merupakan tantangan besar.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendorong anak mau makan makanan sehat, simak tips dari Ahli Gizi Dr. Kriti Israni berikut ini.

1. Anak Melakukan Apa yang Orangtua Lakukan
Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk mendorong anak adalah, dengan meniru perilaku mengonsumsi makanan sehat.

Sebab, anak otomatis akan mengikuti apa yang orangtua lakukan. Jika Anda sebagai orangtua menerapkan pola makan sehat, anak akan mengikuti gaya hidup Anda.

Baca Juga: Gegara Tak Juga Momong Cucu, Anak dan Menantu Dituntut Orangtua Rp9,5 Miliar

2. Biarkan Anak Menjelajahi Buah dan Sayuran Secara Alami
Ketika Anda memperkenalkan makanan padat kepada anak usia enam bulan, ada baiknya biarkan anak menjelajahi buah dan sayuran alami.

Cara ini dapat menumbuhkan kesadaran dan minatnya sejak dini. Untuk itu, biarkan mereka menjelajahi berbagai macam makanan sehat.

3. Terlibat dalam Persiapan Makanan Sehat
Teknik ini perlu dilakukan jika Anda ingin mendorong anak mengonsumsi makanan sehat.

Dengan melibatkan anak dalam mempersiapkan makanan sehat, dampaknya tentu sangat positif untuk membentuk kebiasaan ke depannya.

4. Bicarakan Tentang Kebiasaan Makan Sehat
Cara kreatif selanjutnya adalah libatkan anak dalam membicarakan tentang kebiasaan makan sehat, bagaimana menyiapkan makanan sehat, serta manfaatnya.

Baca Juga: Tragis, Gegara Ditinggal Ibu Saat Nyebrang di Tengah Jalan Anak Ini Tertabrak!

Teknik ini merupakan pendorong anak untuk membiasakan makan sehat. Dan sebagai orangtua, Anda bisa gunakan permainan, bercerita, hingga bernyanyi.

Komentar