facebook

Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Awal Serangan Jantung yang Jarang Diketahui

Bimo Aria Fundrika
Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Awal Serangan Jantung yang Jarang Diketahui
Ilustrasi serangan jantung. [Envato]

Serangan jantung disebut 'diam' ketika terjadi dengan gejala atau tanda ringan atau tanpa gejala yang dapat dengan mudah diabaikan atau disalahartikan sebagai penyakit lain.

Suara.com - Serangan jantung masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Bahkan, orang bisa mengalami serangan jantung dan bahkan tidak tahu itu terjadi. Ini disebut serangan jantung diam atau infark miokard diam (SMI), yang dikatakan menyumbang hampir 50 persen hingga 80 persen dari semua serangan jantung.

Serangan jantung disebut 'diam' ketika terjadi dengan gejala atau tanda ringan atau tanpa gejala yang dapat dengan mudah diabaikan atau disalahartikan sebagai penyakit lain.

Ini terjadi ketika jantung Anda tidak menerima oksigen yang cukup. Mengingat pembentukan plak di arteri Anda atau kerusakan lain yang disebabkan karena tekanan darah tinggi, aliran darah dapat terputus sebagian atau seluruhnya, yang menyebabkan serangan jantung.

Karena serangan jantung diam-diam bisa tidak diketahui, mungkin ada lebih banyak kerusakan daripada yang dapat dibayangkan, itulah sebabnya penting untuk mencatat semua tanda awal serangan jantung, untuk menerima perawatan yang diperlukan.

Baca Juga: Mual sampai Diare Berat, Ini 4 Gejala Awal Hepatitis Akut yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi serangan jantung. 

Seperti dilansir dari Times of India, seorang mungkin mengalami nyeri dada karena beberapa alasan. Namun, nyeri dada dan ketidaknyamanan bisa menjadi tanda peringatan serangan jantung.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah atau kiri dada yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau yang hilang dan muncul kembali.

Badan kesehatan menggambarkan perasaan itu sebagai tekanan yang tidak nyaman, perasan, kepenuhan, atau rasa sakit.

Para ahli percaya masalah pencernaan seperti sakit perut, gangguan pencernaan, mulas dan mual bisa menjadi tanda awal serangan jantung. Sakit perut bisa timbul di bagian tengah perut bagian atas dan biasanya terasa berat bukan tajam atau menusuk. Rasa sakit seperti itu bisa bertahan selama lebih dari beberapa menit.

Dari paparan berlebih hingga panas hingga stres hingga ketegangan mata, leher atau punggung, banyak faktor yang dapat menyebabkan pusing atau kepala terasa ringan. Namun, perasaan pusing juga bisa menjadi tanda peringatan dini serangan jantung, terutama pada wanita. Gejala ini juga dapat muncul dengan keringat dingin, sesak dada atau sesak napas dan beberapa orang bahkan pingsan atau kehilangan kesadaran, yaitu ketika seseorang harus segera meminta bantuan medis.

Baca Juga: Pemkot Bogor Keluarkan Peringatan Waspada 4 Gejala Hepatitis Akut

Tanda-tanda peringatan serangan jantung tidak hanya terbatas pada bagian tubuh tertentu saja melainkan dapat menyebar dan memancar ke seluruh tubuh.

Komentar