facebook

Minum Kopi Setelah Minum Obat, Berbahaya atau Tidak?

M. Reza Sulaiman
Minum Kopi Setelah Minum Obat, Berbahaya atau Tidak?
Ilustrasi minum obat. (Shutterstock)

Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Muncul pertanyaan, apakah aman minum kopi segera setelah minum obat?

Suara.com - Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Muncul pertanyaan, apakah aman minum kopi segera setelah minum obat?

Biasanya, obat diminum dengan air putih. Karena dengan air putih, obat bisa tertelan lebih mudah dan lebih lancar menuju lambung.

Melansir laman Hello Sehat, minum kopi segera setelah minum kopi tidak dianjurkan. Sebab, kopi mengandung kafein yang bersifat stimulan. Hal ini membuat kafein dapat mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus sehingga kerja obat mungkin akan kurang manjur untuk mengatasi penyakit yang sedang Anda alami.

Tak hanya itu. Langsung minum obat setelah minum kopi juga bisa menyebabkan detak jantung meningkat drastis yang tentu tidak baik untuk kesehatan jantung. Apalagi kafein dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh daripada zat obat itu sendiri. Bahkan dalam kasus yang parah, minum obat setelah minum kopi juga bisa memicu terjadinya keracunan kafein akibat interaksi antara antara obat dan kafein.

Baca Juga: 5 Obat Bisul Alami Cepat Sembuh, Mudah Ditemukan!

Ilustrasi Minum Kopi. (Pixabay)
Ilustrasi Minum Kopi. (Pixabay)

Berbagai efek di atas biasanya terjadi pada jenis obat golongan antidepresan, estrogen, pengencer darah, antibiotik quinolone, serta obat-obatan untuk gangguan tiroid dan osteoporosis.

Waktu Terbaik Minum Kopi Setelah Minum Obat

Minum kopi boleh dilakukan minimal 3 ja ms etelah minum obat. Namun untuk mendapatkan informasi lengkap, sebaiknya tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Agar obat dapat bekerja optimal, penting bagi Anda untuk membaca aturan pakai obat yang biasanya tertera pada label kemasan. Terutama jika Anda minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran. Pahami dan teliti seberapa banyak dosis yang harus Anda gunakan dan kapan waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Selain itu, cari tahu apakah obat tersebut harus diminum sebelum atau sesudah makan. Yang tak kalah penting, pastikan juga jika obat yang Anda gunakan sesuai dengan penyakit yang Anda miliki.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat Tajam, Korea Utara Produksi Obat dan Pasokan Medis Dalam Waktu Singkat

Ingat, minum obat tidak sesuai aturan pakai justru dapat membuat kondisi Anda bertambah parah. Maka bila perlu, tanyakan pada apoteker atau dokter jika Anda bingung tentang cara pakai atau dosis obat yang akan Anda gunakan.

Komentar