facebook

4 Obat Alami Sakit Pinggang, Bisa Dicoba di Rumah

Yasinta Rahmawati
4 Obat Alami Sakit Pinggang, Bisa Dicoba di Rumah
Ilustrasi gambar obat alami sakit pinggang. (freepik)

Sakit pinggang memberikan rasa yang sangat tidak nyaman dan bahkan dapat menghentikan Anda dari segala aktivitas. Adapun obat alami sakit pinggang yakni sebagai berikut.

Suara.com - Sakit pinggang memberikan rasa yang sangat tidak nyaman dan bahkan dapat menghentikan Anda dari segala aktivitas. Sebuah studi juga menunjukkan, sekitar 80% orang terkena nyeri pinggang setidaknya sekali dalam hidup mereka. Lantas, adakah obat alami sakit pinggang?

Umumnya, sebagian besar yang pernah mengalami nyeri pinggang akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Selain itu, sakit pinggang juga umumnyaa tidak berubah menjadi masalah  kronis.

Meski demikian, sakit pinggang jika terjadi terus-menerus tentunya membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, sakit pinggang harus segera diobati. Melansir dari situs Cleveland Clinic (22/5/2022), berikut ini obat alami sakit pinggang yang bisa Anda coba di rumah.

1. Berolahraga

Baca Juga: 5 Pilihan Obat Alami yang Ampuh Redakan Sakit Gigi

Jangan karena Anda mengalami sakit pinggang, maka Anda terus-terusan berbaring di tempat tidur. Berbaring di tempat tidur tidak akan membuat sakit pingga menjadi terasa lebih baik. Saat sakit pinggang, Anda justru dianjurkan untuk lebih sering berolahraga. 

Cobalah untuk tetap bergerak dan berjalan-jalan seperti biasa. Gerakan mengurangi rasa sakit dan memperkuat otot-otot Anda, membantu Anda mencegah  sakit pinggang yang berkelanjutan di masa depan. Namun perlu diingat, selama sakit pinggang, hindari melalukan kegiatan yang berat-berat.

2. Menggunakan air hangat atau es 

Jika rasa sakit pinggang Anda baru saja mulai, Anda bisa melakukan kompres dingin pada bagian yang sakit. Pendinginan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, kompres dingin juga dapat meredakan dengan mematikan beberapa saraf yang nyeri.

Jika pembengkakan atau peradangan mereda tetapi Anda masih kesakitan, pertimbangkan bahwa beberapa orang menganggap bantal pemanas atau mandi air panas sebagai cara terbaik untuk sakit pinggang. 

Baca Juga: Rasanya Pahit dan Pembuatannya Sulit, Madu Corbezzolo Sangat Langka dan Dinilai Paling Berharga di Dunia

Ilustrasi sakit pinggang. (completechirocare.com.au)
Ilustrasi sakit pinggang. (completechirocare.com.au)

3. Lakukan yoga

Obat alami berikutnya untuk mengatasi sakit pinggang yaitu yoga. Yoga berguna untuk mengendurkan punggung dan pinggang serta memberi sedikit kenyaman pada psikis. Anda cukup melakukan sebagian besar pose yoga tanpa peralatan khusus. Namun, jika latihan Yoga malah membuat tubuh menjadi sakit, segera hentikan.  

4. Melakukan kegiatan yang tidak membuat stres

Diketahui, stres dapat menyebabkan otot-otot tegang, termasuk otot yang ada di punggung, bahu, pinggang, dan leher. Kita tidak bisa menghindari stres, tetapi kita bisa menurunkan respons stres dalam tubuh. Mengatasi stres dengan cara yang sehat dapat mengendurkan otot-otot dan mengurangi nyeri pinggang yang disebabkan oleh stres.

Demikian informasi mengenai beberapa obat alami sakit pinggang yang bisa Anda coba di rumah. Sakit pinggang adalah cara tubuh untuk memberitahu Anda ada sesuatu yang salah. Jika rasa sakit tidak membaik dengan pengobatan rumahan, jangan abaikan dan segera konsultasikan dokter.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar