facebook

Khusus Kaum Adam, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Kelenjar Prostat

Risna Halidi
Khusus Kaum Adam, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Kelenjar Prostat
Ilustrasi kelenjar prostat (Pixabay/derneumann)

Sebagaimana organ tubuh lainnya pada manusia, kelenjar prostat juga bisa mengalami gangguan kesehatan.

Suara.com - Menjaga kesehatan kelenjar prostat merupakan hal yang penting dilakukan oleh kaum Adam. Kelenjar prostat sendiri adalah bagian dari organ reproduksi lelaki yang letaknya di bagian panggul, tepat di bawah kandung kemih.

Kelenjar prostat merupakan tempat keluarnya cairan urine dan sperma dari dalam tubuh. Ukuran organ ini sebesar biji kenari, dengan berat rerata 20 hingga 30 gram.

Sebagaimana organ tubuh lainnya pada manusia, kelenjar prostat juga bisa mengalami gangguan kesehatan. Beberapa di antaranya adalah prostatitis, kanker prostat, hingga pembesaran prostat.

Untuk itu penting untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat. Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat seperti yang dikutip dari laman Hellosehat berikut ini.

Baca Juga: Idap Kanker Prostat, Louis van Gaal: Saya Sudah Melewati Segalanya

Ilustrasi gangguan prostat. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan prostat. (Shutterstock)

1. Makan Makanan Bergizi
Sejumlah makanan terbukti bisa mendukung kesehatan kelenjar prostat. Misalnya makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau, minyak zaitun dan ikan yang mengandung omega-3.

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari
Sejumlah penelitian menunjukkan bagaimana vitamin D bisa mengurangi risiko penurunan kesehatan pada kelenjar prostat. Sementara salah satu sumber vitamin D adalah sinar matahari pagi. Selain kelenjar prostat, vitamin D juga baik untuk kesehatan jantung, ginjal dan pankreas.

3. Olahraga
Salah satu penyebab seseorang terkena kanker prostat adalah kondisi obesitas atau kelebihan berat badan. Karena itu, cobalah untuk berolahraga atau bergerak aktif untuk menurunkan berat badan dan mencegah risiko masalah prostat.

4. Lakukan Pemeriksaan Rutin
Pemeriksaan rutin berguna untuk mengetahui kondisi prostat seseorang. Seiring bertambahnya usia, risiko terkena gangguan prostat juga semakin tinggi. Karena itu lakukan pemeriksaan rutin, agar bisa bisa langsung diambil tindakan, jika ditemukan adanya gangguan pada prostat.

Baca Juga: Keputihan Berwarna Hijau Bisa Menandakan Banyak Masalah Kesehatan Reproduksi, Apa Saja?

Komentar