Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Makan Daging Jenis Ini!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Kamis, 09 Juni 2022 | 11:28 WIB
Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Makan Daging Jenis Ini!
Ilustrasi mengukur tekanan darah. (Freepik)

Suara.com - Peneliti dari China menemukan bahwa ikan berminyak yang dikemas dengan omega 3 bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda.

Jurnal yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, mengatakan bahwa makan satu fillet ikan salmon setiap hari bisa membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Studi ini menemukan bahwa makan tiga gram asam lemak omega-3 setiap hari dapat mengurangi penyebab peningkatan tekanan darah dalam 10 minggu.

Tapi dilansir dari Express, Anda harus makan sekitar 120 gram ikan salmon untuk mendapatkan 3 gram asam lemak omega-3 tersebut.

Jika Anda bukan penggemar salmon, ikan berminyak lainnya, termasuk makarel, trout, dan tuna, juga bisa membantu.

Hasil dari 70 penelitian yang melibatkan 5.000 peserta, para peneliti melihat hubungan antara omega-3 dan tekanan darah.

Dua jenis utama omega 3 adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).
ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).

Para peneliti menganalisis bagaimana asam yang tepat ini mempengaruhi hipertensi. Subyek penelitian mengkonsumsi jumlah asam lemak yang berbeda rata-rata selama sekitar 10 minggu.

Temuan peneliti menunjukkan bahwa mereka yang memiliki 2 hingga 3 gram asam lemak DHA dan EPA omega-3 mengalami penurunan tekanan darah.

baca juga

Mereka akan mengalami penurunan tekanan darah rata-rata dua milimeter air raksa (mmHg) pada tekanan sistolik dan diastolik.

Jika Anda tidak sadar, tekanan darah diukur sebagai dua angka dalam mmHg. Terlebih lagi, mereka yang menderita hipertensi mengalami penurunan lebih dari dua kali lipat.

Dr Xinzhi Li, penulis penelitian, menjelaskan bahwa orang dewasa dapat mengalami penurunan tekanan darah dari makan ikan dalam porsi ekstra.

Salah satu alasan mengapa asam lemak begitu kuat adalah kemampuannya untuk mengendurkan dinding arteri dan mengatur kontraksi dinding ini.

Menurut definisi, tekanan darah tinggi menggambarkan kekuatan jangka panjang darah terhadap dinding arteri Anda yang cukup tinggi sehingga memicu masalah kesehatan. Jadi, mengendurkan arteri bisa membantu kondisi ini.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 apat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah masalah jantung.

NHS merekomendasikan setiap orang untuk makan setidaknya dua porsi ikan setiap minggu, termasuk satu porsi ikan berminyak.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ciri-Ciri Orang Darah Rendah, Tak Cuma Sering Pusing

Ciri-Ciri Orang Darah Rendah, Tak Cuma Sering Pusing

Health | Kamis, 09 Juni 2022 | 08:12 WIB

Dialami Ruben Onsu, Begini Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah sebelum Memburuk!

Dialami Ruben Onsu, Begini Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah sebelum Memburuk!

Health | Rabu, 08 Juni 2022 | 09:42 WIB

Ruben Onsu Sempat Dirawat di ICU karena Darah Rendah, Kenali 3 Gejala Utamanya!

Ruben Onsu Sempat Dirawat di ICU karena Darah Rendah, Kenali 3 Gejala Utamanya!

Health | Rabu, 08 Juni 2022 | 09:34 WIB

Terkini

Laptop Gaming Bukan Cuma Buat Mabar: ASUS Bongkar Rahasia AI Lokal Biar Kerja 2x Lebih Cepat!

Laptop Gaming Bukan Cuma Buat Mabar: ASUS Bongkar Rahasia AI Lokal Biar Kerja 2x Lebih Cepat!

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:19 WIB

Nyoman Nadiana dan Konsep Keberlanjutan untuk Desa Les di Mata Dunia

Nyoman Nadiana dan Konsep Keberlanjutan untuk Desa Les di Mata Dunia

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:15 WIB

4 Serum Kolagen dan Peptide untuk Wanita Usia 30 Tahun ke Atas, Bikin Wajah Awet Muda

4 Serum Kolagen dan Peptide untuk Wanita Usia 30 Tahun ke Atas, Bikin Wajah Awet Muda

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:15 WIB

Jejak Don Rare di Desa Les: Merawat Tradisi Bali Utara Bersama Astra

Jejak Don Rare di Desa Les: Merawat Tradisi Bali Utara Bersama Astra

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:00 WIB

Gaji ASN Naik di 2027? Ini Kata Menkeu Purbaya

Gaji ASN Naik di 2027? Ini Kata Menkeu Purbaya

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:00 WIB

Gunung Geger Membara! 12 Hektare Hutan Jati Hangus Dilalap Si Jago Merah dalam Sekejap

Gunung Geger Membara! 12 Hektare Hutan Jati Hangus Dilalap Si Jago Merah dalam Sekejap

Malang | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:58 WIB

PFII Siap Hadirkan Ekosistem Investasi Berstandar Dunia dan Digital

PFII Siap Hadirkan Ekosistem Investasi Berstandar Dunia dan Digital

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:58 WIB

Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam

Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:55 WIB

4 Hair Oil untuk Rambut Diwarnai agar Tetap Lembut dan Tidak Mudah Kering

4 Hair Oil untuk Rambut Diwarnai agar Tetap Lembut dan Tidak Mudah Kering

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:55 WIB

Gaya Hidup Early Risers: 4 Alasan Rutinitas Pagi Makin Sempurna dengan Perlindungan yang Tepat

Gaya Hidup Early Risers: 4 Alasan Rutinitas Pagi Makin Sempurna dengan Perlindungan yang Tepat

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:51 WIB

×