facebook

Bisakah Terkena Cacar Air Tanpa Bintik-Bintik Ruam? Ini Faktanya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Bisakah Terkena Cacar Air Tanpa Bintik-Bintik Ruam? Ini Faktanya!
Ilustrasi Cacar Air (Pexels)

Cacar air bisa menimbulkan gejala berupa bintik-bintik ruam yang akan membentuk lepuh dan keropeng.

Suara.com - Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV) yang paling berisiko menginfeksi anak kecil, meskipun orang dewasa juga tertular.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ruam cacar air merupakan gejala umum dari penyakit dan salah satu cara utama penyebaran virus.

Tapi, ada orang dengan cacar air mungkin tidak mengalami ruam dan hanya mengalami gejala ringan.

Bintik cacar air dapat mempengaruhi setiap orang secara berbeda, dengan kebanyakan orang dewasa mengalami gejala yang lebih buruk daripada anak-anak yang tertular virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

Baca Juga: Cacar Monyet Menular Lewat Udara, Wajib Pakai Masker Lagi?

Menurut perawatan kesehatan Bupa, beberapa anak mungkin hanya mengalami beberapa bintik lepuh. Sementara, lainnya mungkin akan mengalami bintik-bintik di seluruh tubuh mereka.

perbedaan gejala cacar monyet dan cacar air (freepik)
cacar air (freepik)

Sedangkan dilansir dari Express, gejala cacar air lainnya bisa mirip dengan kondisi lain yang membuat penyakit ini sulit dikenali, karena tidak ada bintik-bintik yang khas.

Meskipun mungkin saja Anda mengalami gejala cacar air yang terbatas, sangat jarang orang tertular cacar air tanpa gejala bintik-bintik lepuh yang berisi cairan.

Tapi, NHS mengatakan orang dengan cacar air tetap berisiko menularkan penyakitnya ke orang lain 2 hari sebelum bintik-bintik itu muncul di kulit.

Saat ruam kulit mulai terjadi, Anda juga tetap bisa menularkan penyakitnya ke orang lain sampai semuanya melepuh dan membentuk keropeng. Kondisi ini biasanya memakan waktu sekitar 5 hari sejak munculnya bintik-bintik ruam.

Baca Juga: WHO Laporkan Ada 1.000 Kasus Cacar Monyet di 29 Negara, Belum Ada Laporan Orang Meninggal

NHS mengatakan bintik-bintik ruam biasanya mulai muncul sekitar 1 sampai 3 minggu setelah terkena cacar air.

Komentar