Banyak Makan Ikan Ternyata Meningkatkan Risiko Kena Kanker Kulit, Kok Bisa?

Vania Rossa, Dini Afrianti Efendi

Rabu, 15 Juni 2022 | 13:44 WIB
Banyak Makan Ikan Ternyata Meningkatkan Risiko Kena Kanker Kulit, Kok Bisa?
Ilustrasi ikan. (Unsplash.com/camila igisk)

Suara.com - Kita semua tahu bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa jenis ikan juga merupakan sumber lemak sehat yang bahkan dapat membantu menangkal beberapa penyakit, seperti penyakit jantung.

Tapi, ternyata tak selamanya ikan baik untuk kesehatan. Penelitian terbaru dari Brown University dan National Cancer Institut menunjukan bahwa sering makan ikan dapat meningkatkan risiko terinfeksi kanker kulit.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes and Control pada 9 Juni 2022 lalu, yang melibatkan 491 ribu data orang Amerika berusia 50 hingga 71 tahun.

Ditemukan bahwa orang yang makan minimal dua porsi ikan per minggu rerata alami risiko melanoma (kanker kulit ganas) meningkat 22 persen, ditambah risiko berubah jadi sel kulit abnormal yang mengarah ke kanker kulit meningkat 28 persen.

Khusus untuk ikan tuna, orang yang mengonsumsi 3 atau 4 porsi per minggu, risiko melanoma meningkat 20 persen, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi tuna sama sekali.

Meski penelitian ini membuktikan bahwa makan ikan dapat meningkatkan risiko kanker kulit, tapi para peneliti tidak meminta masyarakat untuk mengubah pola makan ikannya.

Ini karena perlu adanya penelitian lebih lanjut yang menjelaskan hubungan faktor risiko potensial. Ikan juga punya banyak manfaat kesehatan, seperti menyeimbangkan gula darah dan menurunkan kolesterol.

Apalagi penelitian juga menduga, bahwa tidak mungkin ikan itu sendiri yang menyebabkan kanker, tapi kemungkinan ada zat yang mengkontaminasi ikan seperti arsenik dan merkuri.

Ditambah penelitian sebelumnya menemukan bahwa kadar merkuri tinggi dalam tubuh manusia, dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang tinggi.

baca juga

Adapun penelitian dilakukan dengan cara melihat data dari 491 ribu orang yang mengidap melanoma atau kanker kulit yang jarang terjadi tapi sangat agresif dan berbahaya.

Dari data orang yang mengidap melanoma ini, lantas pola makan dan apa yang dikonsumsinya dilihat serta dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap melanoma.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ikan 'Sultan' dari Asahan Siap Tembus Pasar Internasional

Ikan 'Sultan' dari Asahan Siap Tembus Pasar Internasional

Sumut | Rabu, 15 Juni 2022 | 13:07 WIB

Epic! Saat Banjir, Ikan Tetangga Berenang ke Halaman Rumah

Epic! Saat Banjir, Ikan Tetangga Berenang ke Halaman Rumah

Video | Rabu, 15 Juni 2022 | 09:00 WIB

Unik, Toples Kerupuk Ini Justru Dijadikan Akuarium Ikan

Unik, Toples Kerupuk Ini Justru Dijadikan Akuarium Ikan

Jogja | Selasa, 14 Juni 2022 | 11:44 WIB

Terkini

Siapa Mau Menyusul? Amuk Mentan Amran Copot Pejabat KPPG Surabaya di Tengah Rapat

Siapa Mau Menyusul? Amuk Mentan Amran Copot Pejabat KPPG Surabaya di Tengah Rapat

Jatim | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:35 WIB

Wanita di Tangerang Diperkosa dan Dibunuh, Jasad Pertama Kali Ditemukan Sang Pacar

Wanita di Tangerang Diperkosa dan Dibunuh, Jasad Pertama Kali Ditemukan Sang Pacar

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:33 WIB

Jelang Pengumuman MSCI, BEI dan OJK Minta Pembekuan Pasar Modal Indonesia Dicabut

Jelang Pengumuman MSCI, BEI dan OJK Minta Pembekuan Pasar Modal Indonesia Dicabut

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:31 WIB

7 Cara Menata Jam Dinding di Rumah Menurut Feng Shui agar Estetik dan Hoki

7 Cara Menata Jam Dinding di Rumah Menurut Feng Shui agar Estetik dan Hoki

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:25 WIB

Petaka Subuh di By Pass Mojokerto: Pramugari Transjatim Tewas, Truk Misterius Kabur

Petaka Subuh di By Pass Mojokerto: Pramugari Transjatim Tewas, Truk Misterius Kabur

Jatim | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:17 WIB

Bansos Beras 30 Kg Mulai Disalurkan Agustus, Cek Jadwal Pencairannya

Bansos Beras 30 Kg Mulai Disalurkan Agustus, Cek Jadwal Pencairannya

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:15 WIB

Letupan Tengah Malam di Bumi Waras: Gudang Frozen Food Rp3 Miliar Ludes Dilalap Api

Letupan Tengah Malam di Bumi Waras: Gudang Frozen Food Rp3 Miliar Ludes Dilalap Api

Lampung | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:08 WIB

Terungkap di Sidang! Kuota Haji Tambahan Diatur 'Satu Pintu' Lewat Fuad Hasan Masyhur

Terungkap di Sidang! Kuota Haji Tambahan Diatur 'Satu Pintu' Lewat Fuad Hasan Masyhur

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:05 WIB

Nathalie Holscher Pasang Badan Tunjukkan Bukti Mewah Usai Suami Dituduh Numpang Hidup

Nathalie Holscher Pasang Badan Tunjukkan Bukti Mewah Usai Suami Dituduh Numpang Hidup

Entertainment | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:05 WIB

IHSG Hari Ini Di Ujung Tanduk, Mampukah Tembus Resistance 6.300?

IHSG Hari Ini Di Ujung Tanduk, Mampukah Tembus Resistance 6.300?

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:00 WIB

×