facebook

Ilmuwan Swedia Kembangkan Alat Kontrasepsi Implan Elektronik sebagai Pengganti Pil KB

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Ilmuwan Swedia Kembangkan Alat Kontrasepsi Implan Elektronik sebagai Pengganti Pil KB
Dokter sedang memasang implan KB kepada pasien perempuan. [shutterstock]

Bagaimana cara kerjanya?

Suara.com - Banyak orang kurang patuh untuk minum pil KB setiap hari. Ada berbagai macam alasan, mulai dari kelupaan hingga memang tidak dapat mengikuti jadwal yang telah ditentukan.

Dari masalah ini, peneliti di Swedia sedang mencoba mengembangkan KB implan elektronik yang dapat memberi obat KB kepada pasien hanya dengan menekan tombol saja.

Tim peneliti dari Chalmers University of Technology, Swedia, telah menemukan alat kontrasepsi atau alat KB implan elektronik, yang menggunakan sinyal untuk melepaskan beberapa molekul sebagai pengganti pil KB.

Bahan pembuatan alat KB tersebut adalah 'polymer surface' atau permukaan polimer. Alat KB ini berfungsi secara otomatis dan akan memberi dosis obat sesuai yang telah ditentukan secara berkala.

Baca Juga: IFC Berikan Pinjaman Rp 4,41 Triliun untuk Bank KB Bukopin

Pengguna alat KB elektronik ini tidak perlu lagi mengatur pengingat untuk minum pil, dilansir The Health Site.

Alat KB implan elektronik (Chalmers.com)
Alat KB implan elektronik (Chalmers.com)

Bagaimana cara kerja KB implan elektronik ini?

Polymer surface mengirim sinyal listrik untuk memisahkan protein dan dapat mengontrol bagaimana molekul terikat dan dilepaskan dari permukaan implan.

Selama proses pelepasan tersebut, struktur tidak akan terpengaruh karena prototipe implan.

Peneliti mengklaim temuan baru ini dapat mengurangi kemungkinan efek samping obat-obatan yang biasanya terjadi akibat pil KB biasa.

Baca Juga: Pefindo Sematkan Peringkat idAAA untuk Bank KB Bukopin

Implan eletronik ini juga haya membutuhkan sedikit daya, karena polimer pada permukaan elektroda sangat tipis, sehingga dapat bereaksi terhadap pulsa elektrokimia yang kecil.

Peneliti juga mencatat bahwa bahan tersebut dapat mengatasi perubahan keasaman, seperti yang ditemukan dalam sistem pencernaan.

'Masa efektif' KB implan elektronik ini adalah satu tahun.

Komentar