facebook

6 Fakta Seputar Miss V yang Penting Diketahui: Dari Letak G-Spot Hingga Mitos Selaput Dara

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
6 Fakta Seputar Miss V yang Penting Diketahui: Dari Letak G-Spot Hingga Mitos Selaput Dara
ilustrasi miss v alias vagina. (shuttestock)

Ini adalah enam fakta tentang organ kelamin perempuan, miss v alias vagina, yang penting untuk diketahui. Apa saja?

Suara.com - Pembicaraan mengenai organ kelamin kerap kali masih dianggap tabu lantaran termasuk bagian tubuh yang privasi. Padahal sebenarnya ada banyak fakta tentangnya yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

Di bawah ini akan diulas mengenai enam fakta tentang organ kelamin perempuan, miss v alias vagina, yang dirangkum dari The Health Site.

Fakta 1: Vagina Tidak Benar-Benar Bisa Dilihat

Banyak orang menggunakan kata vagina untuk menggambarkan bukaan luar organ seksual perempuan. Tapi, sebenarnya itu bukan vagina, melainkan hanya lubang vagina. Dalam ilmu biologi, vagina berupa tabung berukuran lebar 3/4 inci dan panjang 2-4 inci.

Baca Juga: Istri Terkena Vaginismus, Suami Malah Ancam Ajukan Cerai Jika Dalam Waktu 2 Bulan Tak Sembuh

ilustrasi vagina. (Shutterstock)
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Tabung tersebut jadi penghubung lubang vagina ke serviks. Bagian yang sebenarnya yang terlihat dari luar disebut vulva. Terdiri dari lubang vagina dan uretra di antara bagian-bagian lain, seperti labia mayora dan labia minora.

Fakta 2: Vagina Berotot dan Sangat Sensitif

Pembukaan vagina serta vagina itu sendiri sangat berotot, karena adanya tonjolan otot yang melapisinya. Itu sebabnya vagina memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengembang selama hubungan seksual juga saat melahirkan. Vagina juga memiliki kemampuan untuk mengembang sekitar 10 sampai 20 cm dan lebar 2,5 inci saat berhubungan.

Fakta 3: Tidak Semua Perempuan Memiliki Selaput Dara

Selapit dara berupa jaringan tipis yang biasa dikaitkan dengan keperawanan. Tidak semua perempuan memiliki selaput dara. Beberapa perempuan juga bisa mengalami kerusakan selaput dara akibat olahraga berat, aktivitas hormonal, dan hubungan seksual.

Baca Juga: Jangan Pakai Pinset, Ini Cara Mengeluarkan Kondom yang Tertinggal di Dalam Vagina

Letak selaput dara ada di sekitar 1 sampai 2 cm dalam vagina. Pada dasarnya, selaput dara adalah jaringan kulit tipis yang menutupi sebagian lubang vagina. Jadi, ingatlah bahwa memiliki selaput dara yang utuh, berdarah saat pertama kali berhubungan seks, atau kepercayaan lain terkait selaput dara, semuanya subjektif dan tidak terjadi pada setiap wanita.

Komentar