facebook

Fuji Ngamuk Gala Sky Dicium Wartawan, Ini Lho 5 Risiko Kesehatan Mencium Anak Kecil Sembarangan!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Fuji Ngamuk Gala Sky Dicium Wartawan, Ini Lho 5 Risiko Kesehatan Mencium Anak Kecil Sembarangan!
Foto: Fuji, Gala , dan Thoriq (instagram/fuji_an)

Fuji mengaku tak suka ada orang lain yang mencium Gala Sky, karena tindakan ini memang ada risiko kesehatannya. Cari tahu yuk, apa saja risikonya.

Suara.com - Bentuk kasih sayang Fuji kepada Gala Sky kembali menjadi sorotan, usai wartawan yang datang ke rumahnya mencium anak dari mendiang kakaknya tersebut lantaran bisa berisiko bagi kesehatan.

Fuji mengatakan dirinya tidak suka wartawan yang datang ke rumahnya mencium Gala Sky. Ia hanya ingin cukup keluarga yang diperbolehkan mencium Gala.

"Uti (sapaan akrab Fuji) nggak suka deh kalo wartawannya nyium Gala. Nggak ada wartawan nyium siapa pun itu. Nggak ada yang boleh nyium Gala. Langsung dilap segala. Nggak ada yang boleh nyium Gala selain keluarga," tegas Fuji dalam siaran langsung Instagram yang dibagikan ulang akun @lambegosiip pada Sabtu (2/7).

Reaksi Fuji terhadap wartawan yang mencium Gala Sky ini dinilai wajar oleh sebagian besar warganet, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Viral Fuji Meradang Gara-Gara Gala Dicium Wartawan, Ancam Tak Boleh Meliput Lagi

Karena dilansir dari Alodokter, anak kecil memang memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Sehingga, tubuh mereka rentan terinfeksi kuman dan virus yang menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Anda harus tahu bahwa kuman dan virus penyebab penyakit bisa menetap di bagian tubuh mana saja, tak terkecuali hidung dan mulut.

Fuji marah Gala Sky Andriansyah dicium wartawan. [Instagram]
Fuji marah Gala Sky Andriansyah dicium wartawan. [Instagram]

Berikut ini, beberapa penyakit yang mungkin saja ditularkan ketika bayi atau anak Anda dicium oleh sembarang orang.

1. Herpes simpleks

Saat anak dicium oleh sembarangan orang, mereka bisa terkena penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1). Penyakit ini bisa menyebabkan anak mengalami beberapa gejala, seperti:

Baca Juga: Gaya Gemas Fuji Kenakan Jumpsuit, Outfit Simpelnya Nggak Pernah Gagal

  • Kesakitan yang membuatnya rewel
  • Luka lepuhan dan ruam di bibir dan kulit sekitarnya
  • Demam
  • Tidak mau menyusu atau makan
  • Gusi merah dan bengkak
  • Benjolan di leher

2. Mononukleosis

Mencium bayi atau anak kecil sembarangan juga bisa menularkan penyakit mononukleosis yang disebabkan oleh virus epstein-barr. Karena, virus ini ada pada liur, sehingga penularannya terjadi ketika penderita mencium anak kecil, batuk atau bersin.

Anak-anak yang terkena penyakit ini mungkin akan mengalami gejala demam, lemas, ruam kulit, tidak mau makan atau menyusu dan pembengkakan kelenjar getah bening.

3. Sariawan

Bayi atau anak kecil juga bisa mengalami sariawan akibat jamur candida bila dicium sembarangan orang. Jamur candida ini mikroorganisme yang hidup di dalam mulut, kulit, dan saluran pencernaan orang dewasa dan bisa berpindah ke anak-anak.

Anak-anak yang terkena infeksi jamur ini akan mengalami gejala berupa bercak-bercak atau lapisan putih di dalam mulut, lidah, langit-langit dan gusinya.

4. Meningitis bakteri

Anak-anak atau bayi yang dicium sembarangan orang juga bisa mengalami meningitis bakteri. Meningitis akibat infeksi bakteri ini termasuk kondisi serius yang membahayakan nyawa bayi.

Bayi yang terkena meningitis bakteri bisa mengalami gejala berupa lemas, demam kejang, leher kaku, muntah-muntah, sering tertidur dan sulit dibangunkan.

5. ISPA

ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut adalah penyakit lain yang bisa diderita anak-anak atau bayi akibat dicium oleh sembarangan orang. ISPA adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Virus dan bakteri penyebab ISPA ada di dalam air liur yang bisa ditularkan ke orang lain, tidak hanya anak-anak. Anak-anak yang terserang ISPA bisa mengalami gejala batuk, pilek, sering bersin, demam, sesak napas, mengi, lemas dan tidak mau makan atau menyusu.

Komentar