4 Sayuran Terbaik agar Gula Darah Tetap Stabil, Terong Salah Satunya

Yasinta Rahmawati
4 Sayuran Terbaik agar Gula Darah Tetap Stabil, Terong Salah Satunya
ilustrasi terong (pexels.com/Mark Stebnicki)

Memilih sayuran yang tinggi serat, protein, dan vitamin spesifik lainnya akan sangat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Suara.com - Semua sayuran hadir dengan perpaduan unik dari vitamin dan nutrisi. Namun dalam hal mengelola gula darah, ada sayuran tertentu yang mungkin dapat membantu sedikit lebih banyak daripada yang lain.

Pada dasarnya tidak ada sayuran yang berdampak negatif terhadap gula darah. Namun memilih sayuran yang tinggi serat, protein, dan vitamin spesifik lainnya akan sangat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Dilansir dari Eat This, berikut sayuran terbaik untuk gula darah tetap stabil

Brokoli

Baca Juga: Melihat Pertanian Hidroponik di Atap Masjid RSCM

Serat adalah kunci dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Sayuran silangan seperti brokoli, kubis Brussel, dan kembang kol mengandung tinggi serat, rendah gula alami, dan sangat mengenyangkan. Bahkan serat dapat bertindak sebagai prebiotik, yang membantu bakteri baik di usus berkembang.

Selada

Mengonsumsi beragam jenis selada dalam semangkuk salad bisa membantu mengontrol gula darah. Selada merah contohnya, tinggi akan vitamin K yang penting untuk mengelola pembekuan darah.

Di sisi lain penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan meningkatkan regulasi insulin.

Ilsutrasi selada (pixabay)
Ilsutrasi selada (pixabay)

Bayam

Baca Juga: Menjaga Kesehatan dengan Diet Vegetarian: Tips dan Trik

Bagi mereka yang ingin mengelola kadar gula darahnya, bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik yang bisa Anda dapatkan. Satu cangkir bayam mentah menyediakan 7 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, dan 0,7 gram serat dan merupakan sumber vitamin A dan K yang sangat baik, dan sumber vitamin C, folat, serta mangan.

Terong

Sayuran ungu tua ini bisa menjadi makanan sampingan yang ramah gula darah. Setengah cangkir terong matang menyediakan sekitar 18 kalori, 4,3 gram karbohidrat, 0,4 gram protein, dan 1,25 gram serat.

Serat dan protein akan memperlambat seberapa cepat karbohidrat itu akan diserap dalam darah, yang membantu menjaga gula darah. Tapi tentunya olah terong dengan cara yang sehat ya.