Studi: Ternyata Es Krim Lebih Baik Untuk Tubuh Dibanding Granola

Bimo Aria Fundrika

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:25 WIB
Studi: Ternyata Es Krim Lebih Baik Untuk Tubuh Dibanding Granola
Ilustrasi camilan sehat Granola (Pixabay)

Suara.com - Banyak orang berpikir bahwa granolo merupakan makanan sehat bagi tubuh. Tidak heran jika banyak yang mengonsumsinya saat diet. Tapi, sebuah studi menyebut bahwa es krim pilihan yang lebih baik dibanding granola.

Sebuah studi baru dari Tufts University di Boston telah menciptakan "Food Compass," sebuah "sistem profil nutrisi" yang memberi peringkat seberapa sehat makanan dengan memberikan pilihan skor.

Sistem ini mengubah beberapa prasangka kesehatan di kepala mereka, yaitu memberi peringkat sebatang granola lebih rendah daripada es krim cokelat dengan kacang. Demikian seperti dilansir dari NY Post. 

Ilustrasi es krim.[Pixabay/ Seksak Kerdkanno]
Ilustrasi es krim.[Pixabay/ Seksak Kerdkanno]

Para peneliti menghabiskan tiga tahun untuk menyelidiki lebih dari 8.000 jenis makanan dan minuman yang berbeda, memeriksa 54 atribut yang berbeda dan menggunakan "ilmu pengetahuan mutakhir" untuk menentukan peringkat mereka - memberi mereka skor antara 0 dan 100, dengan 100 menjadi yang paling sehat.

Tidak mengherankan, makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran mendapat peringkat tinggi dalam daftar. Bayam mendapat nilai 100 sempurna - sedangkan makanan olahan dan makanan cepat saji seperti burger dengan semua bumbu lebih rendah.

Penggemar suguhan manis akan senang mengetahui bahwa es krim cokelat dengan kacang mencetak 35 poin sementara granola kelapa dan cokelat hanya menerima 15 poin. Namun yogurt beku, suguhan yang disebut-sebut sebagai alternatif sehat untuk es krim, hanya mendapat skor 23.

Profesor Dariush Mozaffarian mengatakan kepada Daily Mail alasan granola bar peringkatnya lebih rendah daripada es krim adalah karena terbuat dari "kebanyakan tepung dan gula halus" sementara pesaing susunya mengandung protein dan nutrisi.

Saat memilih sarapan, sesuatu yang melibatkan telur tampak seperti pilihan yang solid, tetapi menurut Food Compass, telur dadar - hidangan yang dianggap sehat oleh banyak orang - hanya menempati peringkat 51, sementara Cheerios mendapat skor 95.

Kompas mengidentifikasi telur tinggi protein dan mengandung beberapa mikronutrien, tetapi mengatakan sebagian besar penelitian telah menunjukkan bahwa telur umumnya netral untuk risiko penyakit utama.

baca juga

Telur masih merupakan pilihan sarapan yang lebih sehat daripada sereal ultra-olahan seperti cornflake (16), tetapi tidak sebagus oatmeal instan polos (75), dengan biji-bijian dan serat yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

3 Kado Sederhana untuk Orang Terdekat, Salah Satunya Bikin Mood Meningkat!

3 Kado Sederhana untuk Orang Terdekat, Salah Satunya Bikin Mood Meningkat!

Your Say | Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:12 WIB

Beli Es Krim Pakai Sepatu Roda, Aksi Lincah Anak Ini Bikin Publik Kagum

Beli Es Krim Pakai Sepatu Roda, Aksi Lincah Anak Ini Bikin Publik Kagum

Lifestyle | Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:29 WIB

Malaysia Tarik Peredaran Es Krim Haagen Dazs Rasa Vanila, Ini Masalahnya

Malaysia Tarik Peredaran Es Krim Haagen Dazs Rasa Vanila, Ini Masalahnya

Sumbar | Jum'at, 12 Agustus 2022 | 08:15 WIB

Terkini

Perkuat Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Dorong Pemanfaatan Ekosistem OSS

Perkuat Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Dorong Pemanfaatan Ekosistem OSS

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:21 WIB

Danantara Sudah Tutup 260 BUMN

Danantara Sudah Tutup 260 BUMN

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:19 WIB

Dentuman Sound Horeg di Kuburan dan Masjid: Hiburan atau Sudah Kelewat Batas?

Dentuman Sound Horeg di Kuburan dan Masjid: Hiburan atau Sudah Kelewat Batas?

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:15 WIB

Belanja Daerah Capai Rp538,5 Triliun Hingga Juli 2026, Kebanyakan Bayar Gaji

Belanja Daerah Capai Rp538,5 Triliun Hingga Juli 2026, Kebanyakan Bayar Gaji

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:14 WIB

Spesial Agustus, BRI Tebar Promo Spesial Diskon di Raja Susu

Spesial Agustus, BRI Tebar Promo Spesial Diskon di Raja Susu

Bri | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:09 WIB

8 Cara Mengatasi Cushion yang Terasa Terlalu Pekat atau Terlalu Cair

8 Cara Mengatasi Cushion yang Terasa Terlalu Pekat atau Terlalu Cair

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:05 WIB

Presiden Beberkan PFII: Lokasi di Jakarta, Bahasanya Inggris dan Kemungkinan Ada Hakim Asing

Presiden Beberkan PFII: Lokasi di Jakarta, Bahasanya Inggris dan Kemungkinan Ada Hakim Asing

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:03 WIB

Penanganan Karhutla Bromo Fokus Pembasahan Delapan Hotspot

Penanganan Karhutla Bromo Fokus Pembasahan Delapan Hotspot

Jatim | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:01 WIB

AI dan Semikonduktor Jadi Mesin Baru Pertumbuhan Ekonomi 2027, Targetnya 6%

AI dan Semikonduktor Jadi Mesin Baru Pertumbuhan Ekonomi 2027, Targetnya 6%

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 18:56 WIB

9 Rekomendasi Serum Anti Aging yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

9 Rekomendasi Serum Anti Aging yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 18:50 WIB

×