Awas! Mengonsumsi Suplemen Tanpa Resep Dokter Berisiko Kanker

Bimo Aria Fundrika

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:10 WIB
Awas! Mengonsumsi Suplemen Tanpa Resep Dokter Berisiko Kanker
Ilustrasi meminum suplemen vitamin. [ANTARA/HO/Pexels]

Suara.com - Suplemen memang diperlukan tubuh untuk menunjang kesehatan. Banyak orang mengonsumsi suplemen yang dijual bebas tanpa memikirkan efek sampingnya.

Ketergantungan dan kepercayaan kita pada suplemen begitu kuat sehingga banyak dari kita bahkan tidak berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya. Namun, penelitian ini telah menyoroti hasil yang paling tidak diharapkan dari memiliki suplemen vitamin.

Dilansir dari Times of India, studi ini telah menemukan hubungan antara suplemen vitamin dan kanker. Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan di BMJ telah membahas risiko kanker yang terkait dengan suplemen vitamin.

Mengutip sebuah studi penelitian, ulasan tersebut mengatakan menggabungkan beta karoten dan vitamin A meningkatkan risiko kanker paru-paru di kalangan pekerja. Bahkan mereka yang bekerja dengan paparan asbes memiliki peningkatan risiko terkena kanker jika menggunakan suplemen ini.

Ilustrasi suplemen vitamin (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin (pixabay)

"Suplementasi -Karoten meningkatkan risiko kanker paru-paru di antara individu berisiko tinggi dalam dua uji coba secara acak," studi tersebut menambahkan bahwa risiko kanker dalam kasus perokok meningkat sebesar 18 persen dan untuk orang lain meningkat sebesar 28 persen.

Ini juga mengutip penelitian lain di mana ditemukan bahwa selenium dan Vitamin E Cancer Prevention Trial menemukan bahwa suplementasi vitamin E (400 IU/hari) dikaitkan dengan peningkatan 17 persen risiko kanker prostat di antara pria.

Salah satu komplikasi yang telah dibahas oleh studi tinjauan adalah suplementasi vitamin D dan kalsium yang sebagian besar diresepkan untuk orang tua untuk menjaga tulang mereka tetap kuat.

Meski satu analisis meta menemukan bahwa suplementasi vitamin D atau kalsium tidak mengurangi risiko patah tulang pinggul atau patah tulang total, meta-analisis lain melaporkan bahwa sementara vitamin D saja tidak mengurangi risiko patah tulang, suplementasi gabungan kalsium dan vitamin D menurunkan risiko relatif patah tulang pinggul (16 persen) dan semua patah tulang (6 persen) di antara orang dewasa yang lebih tua.

Menyarankan potensi bahaya overdosis, penelitian ini menyarankan untuk memastikan asupan kalsium dan vitamin D dari makanan dan alami.

baca juga

Itu juga tidak menemukan bukti yang konsisten untuk mendukung penggunaan suplemen antioksidan untuk mengurangi risiko kardiovaskular.

Studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan hubungan antara stroke dan suplemen berdasarkan 277 uji coba terkontrol secara acak yang melibatkan hampir satu juta orang.

Studi tersebut menemukan bahwa suplemen yang terbuat dari vitamin D dan kalsium meningkatkan risiko stroke sebesar 17 persen.

Karena kepercayaan bahwa suplemen ini tidak memiliki efek samping yang berisiko, banyak orang hanya menambahkannya ke dalam makanan mereka tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Namun, ada beberapa efek samping yang terkait dengan konsumsi suplemen yang berlebihan.

Terlepas dari kenyataan bahwa konsumsi suplemen vitamin yang berlebihan dapat merusak tubuh Anda ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, mungkin tidak menunjukkan gejala yang terlihat sampai terlambat.
Itu selalu dianjurkan untuk mengambil rekomendasi dokter sebelum menambahkan suplemen untuk diet Anda. Beberapa faktor perlu dipertimbangkan saat meresepkan obat.

Alasan penting lainnya mengapa konsultasi dokter penting adalah karena seseorang tidak pernah tahu kapan harus berhenti mengonsumsi tablet. Sementara beberapa percaya bahwa overdosis suplemen akan dihapus dari tubuh, dalam banyak kasus telah terlihat bahwa unsur-unsur mengganggu fungsi normal tubuh.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Kenali Gejala Kanker Pankreas, Waspada Rasa Sakit Saat Berbaring

Kenali Gejala Kanker Pankreas, Waspada Rasa Sakit Saat Berbaring

Purwokerto | Rabu, 24 Agustus 2022 | 17:27 WIB

Gejala Kanker Pankreas, Waspadai Rasa Sakit di Bagian Ini saat Berbaring Tidur!

Gejala Kanker Pankreas, Waspadai Rasa Sakit di Bagian Ini saat Berbaring Tidur!

Health | Rabu, 24 Agustus 2022 | 16:11 WIB

Manfaat Whey Protein: Pembentukan Otot hingga Mengobati Diabetes

Manfaat Whey Protein: Pembentukan Otot hingga Mengobati Diabetes

Health | Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:12 WIB

Terkini

Kebakaran Empat Lawang, 20 Rumah Terdampak dan Kerugian Tembus Rp5,2 Miliar

Kebakaran Empat Lawang, 20 Rumah Terdampak dan Kerugian Tembus Rp5,2 Miliar

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:52 WIB

3 Pelaku Begal Polisi di Palembang Ternyata Ayah, Anak dan Seorang Perempuan

3 Pelaku Begal Polisi di Palembang Ternyata Ayah, Anak dan Seorang Perempuan

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Jadi Ojek Pangkalan, Polisi di Palembang Ditusuk 4 Kali dan Motornya Dibawa Kabur Begal

Jadi Ojek Pangkalan, Polisi di Palembang Ditusuk 4 Kali dan Motornya Dibawa Kabur Begal

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:07 WIB

Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan

Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:59 WIB

Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee

Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:22 WIB

KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui

KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:10 WIB

BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo

BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo

Bri | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:07 WIB

Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan

Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan

Jakarta | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:07 WIB

Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya

Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:53 WIB

PSSI Murka! Justin Hubner dan Keluarga Jadi Sasaran Ancaman, Publik Diminta Hentikan Serangan

PSSI Murka! Justin Hubner dan Keluarga Jadi Sasaran Ancaman, Publik Diminta Hentikan Serangan

Bola | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:53 WIB

×