Asyiknya Jalan-jalan di Taman Suropati

Ririn Indriani
Asyiknya Jalan-jalan di Taman Suropati
Taman Suropati, salah satu taman kota yang ada di DKI Jakarta. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Hampir tiap minggu ada komunitas yang latihan musik, teater, musik dan yoga.

Suara.com - Berlibur tak harus menghabiskan waktu dengan menempuh perjalanan jauh dan biaya mahal.

Bagi Anda warga Ibu Kota, Taman Suropati mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan penat karena suasananya yang begitu tenang, nyaman dan menyegarkan.

Tak heran di hari libur banyak warga yang menikmati salah satu taman kota tertua di Jakarta ini.

Saat suara.com coba menyusuri taman ini, terlihat beberapa pasang kekasih sedang bermesraan, sementara beberapa orang lainnya sibuk joging, bermain, atau sekadar duduk untuk menikmati keasrian taman yang lokasinya tepat berada di samping rumah dinas Gubernur DKI Jakarta ini.

Taman ini memang berada di pusat kawasan Menteng yang berada di persilangan tiga jalan utama, yakni Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro dan Jalan Iman Bonjol.

Taman yang dulunya bernama Burgemeester Bisschopplein ini hingga kini masih terawat apik. Berderet bangku taman, air mancur di dua sisi kanan, beberapa patung dan tugu, sangkar burung Merpati, jogging track yang melengkapi keasrian taman ini. Tempat sampah yang diletakkan di tempat-tempat yang cukup strategis, membuat taman ini terlihat bersih. Tak ditemukan sampah yang berserakan, sebagaimana yang banyak ditemukan di taman lain.

Air mancur merupakan salah satu fasilitas yang ada di Taman Suropati. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Air mancur merupakan salah satu fasilitas yang ada di Taman Suropati. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Beberapa petugas kebersihan juga tak henti menyapu dan membersihkan taman ini dari daun-daun yang jatuh dari pepohonan. Selain bersih, kawasan ini pun terasa aman.

Menurut Wahyu, seorang penjual minuman di Taman Suropati, Taman Suropati biasanya lebih ramai saat akhir pekan. Sejak pagi hingga malam, ada saja yang berkunjung ke taman ini.

"Biasanya kalau Minggu banyak perkumpulan yang ke sini untuk latihan musik, nama komunitasnya Taman Suropati Chamber. Ada juga yang latihan teater, melukis, olahraga, yoga, anak sepedaan, anak motor juga sering," ujarnya.

Selain menjadi tempat berkumpulnya komunitas, Taman Suropati juga menjadi tempat mencari rezeki. Para pedagang jajanan, seperti tahu gejrot, nasi goreng, siomay, berbagai minuman, bakso hingga es cincau.

Yang tak kalah seru, Anda juga dapat bermain-main dengan banyak burung merpati yang memang sengaja dipelihara dan dirawat oleh pengurus taman.

Tak jarang, pengunjung sengaja membawa makanan untuk burung-burung tersebut. Bagaimana, seru kan menikmati akhir pekan di Taman Suropati?

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS