Ini Kata Menteri Saleh Tentang Keunggulan Batik Indonesia

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Ini Kata Menteri Saleh Tentang Keunggulan Batik Indonesia
Menperin Saleh Husin (tengah) mengenakan kemeja batik coklat, saat menghadiri peringatan Hari Batik Nasional di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (2/10/2015). (Foto: suara.com/Firsta Nodia)

Tak hanya motif batiknya yang beragam.

Suara.com - Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat (2/10/2015), Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin mengatakan batik telah membuktikan eksistensinya di dunia. Ia menyebut bahwa pelestarian batik harus terus dilakukan sebagai wujud keragaman budaya bangsa.

"Pengukuhan batik oleh UNESCO menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Tapi ini juga menjadi tantangan bagi Indonesia untuk terus melestarikan. Oleh karena itu penting dukungan dari seluruh pemangku kepentingan untuk melindungi batik sebagai warisan budaya," katanya pada sambutannya di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Lebih lanjut Saleh menambahkan bahwa batik Indonesia memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya pada motif yang beragam dan memiliki nilai filosofi yang disesuaikan dengan adat istiadat setempat.

"Batik Indonesia menggunakan pewarna alami yang dikerjakan dengan tangan-tangan terampil pengrajin Indonesia yang akhirnya menghasilkan batik tulis, cap, atau kombinasi," imbuhnya.

Untuk menunjukkan dukungan pemerintah terhadap pelestarian batik sebagai warisan budaya, Saleh menyebut bahwa pihaknya bersama kementerian terkait lainnya mempermudah perizinan usaha bagi pengrajin batik.

"Pemerintah memberikan dukungan izin usaha dan mendorong penggunaan teknologi yang tepat dan menganut aspek ekofisiensi," tambahnya.

Dalam sambutannya, Saleh juga menyebut bahwa hingga saat ini terdapat 39.000 unit pengrajin batik yang menyerap hingga 900.000 tenaga kerja dengan nilai ekonomi 39.4 juta US dollar.

"Untuk mengukuhkan batik sebagai kekayaan budaya bangsa, Kemenperin melalui Dirjen IKM sedang menyusun Rancangan SNI untuk batik tulis, batik cap dan batik kombinasi," pungkasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS