Batik 'Fusion' dari Iwet Ramadhan Untuk Kaum Muda

Esti Utami | Dinda Rachmawati
Batik 'Fusion' dari Iwet Ramadhan Untuk Kaum Muda
Koleksi batik 'fusion' dari Iwet Ramadhan. (suara.com/Dinda Rachmawati)

Motif batik klasik di-mix dengan pola modern.

Suara.com - Demi melestarikan batik agar tak hilang termakan zaman, pusat perbelanjaan Senayan City, berkolaborasi dengan Iwet Ramadhan dan Stella Rissa, menghadirkan koleksi batik yang cukup berbeda di gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2016, pada Kamis (29/10/2015) di Fashion Tent, Senayan City, Jakarta Pusat.

Ini karena, meski telah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia, ternyata masih banyak generasi muda yang tak peduli pada batik. Mereka abai dengan teknik membatik dan filosofi di balik selembar kain  batik.

Padahal di tangan generasi mudalah, kelestarian batik bergantung.

"Batik adalah sesuatu yangg harus kita semua jaga. Proses membatik itu nggak mudah. Kami punya keinginan bagaimana kalau batik dikelola oleh anak muda. Kita akan bawa batik ke another level," ujar Veri Y. Setiadi, CEO Senayan City, yang diadakan sebelum peragaan busana.

Koleksi yang dipamerkan bersamaan dengan Senayan City Capsule Collection Fall Winter 2015 ini, mengangkat tema "Burst of Happines". Ini kali pertamanya Iwet Ramadhan, dengan labelnya yakni TIKPrive berkolaborasi bersama Stella Rissa.

Dalam koleksi busana siap pakai ini, Iwet yang dikenal sebagai desainer batik dengan motif eksklusif ini, menghadirkan batik 'fusion'.

"Kali ini kita angkat batinya, kita keluarin dari pakemnya. Ambil motif klasiknya, lalu di-mix dengan pakem modern," jelas Iwet.

Dalam beberapa koleksinya, Iwet mengambil beberapa motif Jawa klasik dari Yogyakarta serta beberapa batik pesisiran. Meski dipadukan dengan motif yang lebih modern seperti motif geometris, namun Iwet tetap menekankan bahwa ia tetap menggunakan teknik celup dan tulis.

Bersama Iwet, Stella yang mengaku sejak lama ingin menggunakan kain Indonesia untuk koleksinya, menghadirkan koleksi dengan siluet yang sangat modern.

Beberapa di antaranya, ada yang berpotongan jumpsuit, mini dress, dress berpotongan asimetris, dress berpotongan layering hingga dress dengan siluet lurus.

"Pertama kalinya saya bermain dengan pattern, khususnya batik. Sudah lama pengen bikin koleksi ready to wear menggunakan kain Indonesia, dan sekarang akhirnya punya kesempatan itu," ujar Stella dalam kesempatan yang sama.

Para pengunjung nantinya dapat memiliki koleksi TIKPrive & Stella Rissa ini di #BLCKVNUE di lantai dasar Sebayan City, bersama dengan koleksi Senayan City Capsule Collection.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS