Perdarahan saat Bercinta, Haruskah Khawatir?

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Perdarahan saat Bercinta, Haruskah Khawatir?
Ilustrasi. (Shutterstock)

Bila terjadi perdarahan saat bercinta, Anda perlu konsultasi ke dokter.

Suara.com - Mengalami perdarahan saat hubungan seks bukanlah hal yang normal. Saat bercinta memang akan ada beberapa cairan tubuh yang muncul, tapi bila darah yang keluar, ini perlu perhatian khusus.

Jika perdarahan terjadi selama atau setelah hubungan seks, ada beberapa pertanda masalah kesehatan serius. Namun, dalam beberapa kasus, perdarahan saat berhubungan seks tak perlu dikhawatirkan.

Ini tergantung dari banyak faktor. Nah, berikut beberapa fakta terkait perdarahan saat berhubungan seks, dilansir Boldsky.

Apakah ini perlu diperhatikan? Pertama, perempuan yang belum menopause, terkadang mengalami perdarahan saat bercinta. Jika itu terjadi sangat jarang, dan ini bukanlah hal yang harus dikhawatirkan.

Lantas, bagaimana jika perdarahan terjadi tepat sebelum menstruasi? Jika perdarahan saat bercinta terjadi beberapa hari sebelum menstruasi, maka alasannya bisa jadi karena adanya penetrasi yang kasar. Saat lapisan rahim rentan saat menstruasi, beberapa tetes darah bisa keluar.

Apakah karena peradangan? Pada beberapa perempuan, perdarahan bisa jadi karena peradangan. Juga, infeksi seperti gonore dan klamidia dapat menyebabkan perdarahan.
Beberapa infeksi juga bisa menyebabkan peradangan pada bagian-bagian pribadi. Hal ini dikenal sebagai penyakit radang panggul.

Apakah perdarahan terjadi karena KB? Pada beberapa perempuan yang menggunakan pil kontrasepsi hormonal, perdarahan bisa terjadi saat pertengahan siklus ovulasi. Serviks cenderung sensitif pada saat ovulasi dan ini bisa menyebabkan bercak darah. Bahkan kehamilan pun bisa membuat serviks menjadi lebih lembut.

Jika perdarahan terjadi setelah menopause? Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter segera, karena perdarahan tidak seharusnya terjadi setelah menopause. Jika perdarahan terjadi karena vagina kering, ini bisa diobati.

Namun jika itu terjadi karena kanker (endometrial atau serviks) maka ini adalah masalah yang sangat serius.

Kapan harus khawatir? Jika bercak terlihat, bahkan setelah satu hari setelah berhubungan seks, bisa jadi karena beberapa alasan serius lainnya. Konsultasikan dengan dokter Anda.
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat pagi, Selamat beraktivitas💪🏻
.
#quotesoftheday #suaradotcom #infojakarta #quotesindonesia #katakatabijak #newsflash #portaljakarta #selamatpagi

INFOGRAFIS