Alexa

Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara

Chaerunnisa
Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara
Dian Pelangi di New York Fashion Week (Instagram)

Dikenal sebagai desainer multitalenta, Dian Pelangi selalu berusaha menggali kekayaan budaya Indonesia di Tanah Air maupun mancanegara.

Suara.com - Dian Pelangi, salah seorang desainer busana muslim yang membawa penuh warna baik di Indonesia maupun mancanegara. Kiprah perempuan kelahiran Palembang, tanggal 14 Januari 1991 ini di industri fesyen mampu memberikan inspirasi dengan memadukan banyak warna pada karya desainnya.

Dikenal sebagai desainer multitalenta, Dian terinspirasi pelangi yang begitu kaya warna dan selalu berusaha menggali kekayaan budaya Indonesia, mulai dari tie dye yang cerah, songket yang indah, batik yang mewah, sampai tenun yang memesona.

Anggota termuda Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia (APPMI) ini menerbitkan sebuah buku yang berisi kumpulan "street style" para muslimah yang ditemuinya di negara-negara yang dikunjunginya. Itu diwujudkan saat Dian memamerkan rancangannya di perhelatan internasional New York Fashion Week (NYFW) 2017, beberapa waktu lalu.

"Temanya aurelis, terinspirasi Kota New York, dari buku 'humans of New York' banyak memperlihatkan Kota New York kayak apa. Di situ banyak menceritakan karakter-karakter orang New York seperti apa, ada karakter melankolis, sanguin, koleris sampai pelukis. Itu aku transfer jadi sebuah koleksi temanya aurealis. Mulai dari pemilihan warnanya juga beragam, ada kuning, ada hijau central park-nya, merah dari traffic light-nya, jadi benar-benar memperlihatkan hingar bingar New York. Detailnya juga berupa payet kayu, terinspirasi benar-benar New York," kata Dian kepada Suara.com, belum lama ini. 

Tampil di ajang internasional, pemilik nama Dian Pelangi adalah Dian Wahyu Utami itu memanfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan Indonesia ke luar. Karena itu, Dian pun memilih kain tenun saat memamerkan koleksinya di NYFW 2017

"Pakai tenun. Saya selalu pakai kain Indonesia, kayak songket, tenun, batik, tetap ada. Karena memang mepet jadi pakai bahan yang ada, soalnya ada beberapa motif aku bikin dari awal. Tenun dipakai karena aku lihat di sana koleksinya untuk Fall/Winter, jadi lebih banyak menggunakan model-model yang cenderung tebal biar bisa digunakan untuk suhu udara di New York. Karena kan sudah masuk di sana marketnya di sana, disesuaikan di sana cocok di sana," ungkapnya.

Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara - 1

Tak hanya sekali memakai kain tradisional Indonesia, Brand Ambassador Wardah itupun kerap memanfaatkan kain dari berbagai daerah Tanah Air lainnya.

"Aku memang selalu berpatok pada kain-kain tradisional yang kontemporer. Banyak juga pakai kain lain, kayak Batik bukan motif Pekalongan atau Cirebon, tapi batik kontemporer, batik karya aku sendiri. Karena batik kan teknik, kalau Pekalongan motifnya, batik Afrika pun ada. Tenun juga, tenun teknik menenun, bukan motif," jelasnya.

Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara - 2

Meski kini telah sukses go international, bukan berarti Dian tak memiliki beban. Mantan istri Tito Haris Prasetyo itu sempat merasa terbebani membawa nama Indonesia ke kancah internasional. 

"Sebenarnya agak-agak jadi beban juga, aku harus bisa memberikan yang bagus, membawa nama Indonesia, modest busana muslim, di negara kontroversi, sempat mundurlah. Tapi tetap harus jalani," tutup Dian seraya mengungkapkan setelah NYFW tampil di Paris Fashion Week, JFW dan Singapore Fashion Week.

Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara - 3

Sekadar diketahui, Dian Pelangi pernah duduk di bangku SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor dan SMK 1 Pekalongan. Dian lulus dari Ecole Superieure des Arts et Techniques de la Mode (ESMOD) tahun 2008. Ia mengambil kursus Bahasa Arab pada tahun 2010 di Lessanul Arab, Kairo, Mesir.

Dian yang juga anggota APPMI merupakan satu di antara perancang busana kelas atas di Indonesia, dan desainer utama Dian Pelangi Company, perusahaan busana muslim terkemuka di Indonesia. Ia mampu memberikan inspirasi yang menarik dengan memadukan banyak warna pada karya desainnya, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Pada akhir 2011, Dian Pelangi diundang ke Paris untuk mengikuti The International Fair of Muslim World di Le Bourget dan memastikan jejaknya sebagai salah seorang desainer muda Indonesia yang patut diperhitungkan.

 

 

Dian Pelangi Terus Membawa Budaya Indonesia ke Mancanegara - 4
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS