Perlukah Pakai Lip Balm Saat Cuaca Dingin seperti Sandiaga Uno?

Chaerunnisa | Firsta Nodia
Perlukah Pakai Lip Balm Saat Cuaca Dingin seperti Sandiaga Uno?
Wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, di kediamannya di Jalan Pulombangkeng Nomor 5, Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017). [Suara.com/Welly Hidayat]

Mengoleskan lip balm atau pelembab bibir dapat melembapkan bibir.

Suara.com - Cuaca dingin yang datang di penghujung tahun mungkin secara tidak disadari membuat kulit Anda jadi kering, termasuk area bibir. Beberapa orang bahkan mengalami bibir pecah-pecah saat suhu begitu rendah, seperti yang dialami Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Dia menilai, pendingin ruang kerjanya di lantai dua gedung Balai Kota DKI terlalu dingin karena AC tidak bisa diatur secara manual.

"Ini sudah dua bulan (pakai), saya tuh bibirnya kering, di sana mengalami crack lips. Itu diakibatkan karena kamar (ruang kerja) saya itu dingin sekali di atas," kata Sandiaga.

Namun, dermatolog di Union Square Laser Dermatology Shereene Idriss, M.D mengungkapkan, bibir pecah-pecah bisa Anda dapatkan kapan saja, tidak hanya pada musim dingin. Pada cuaca normal, namun Anda kurang minum dan sistem pendingin udara bekerja terlalu dingin, maka kondisi bibir kering dan pecah-pecah bisa terjadi.

"Sebagian orang menyelesaikan masalah bibir kering dengan membasahinya dengan air liur. Namun, hal ini justru akan membuatnya menjadi kering," ungkap Shereene.

Dibanding membasahinya dengan air liur, Shereene menyarankan Anda untuk mengoleskan lip balm atau pelembab bibir. Atau jika Anda memiliki banyak waktu, beberapa buah yang memiliki citarasa asam bisa juga dipakai untuk melembapkan bibir.

"Minyak kelapa, minyak alpukat juga bisa membantu melembapkan bibir Anda yang kering dan pecah-pecah," imbuhnya.

Jika kondisi bibir pecah-pecah Anda tidak bisa diatasi secara alami, maka pilihan lainnya adalah meminta dokter kulit memberi resep krim sehingga rasa perih akibat mengelupasnya bibir bisa tertangani.

"Anda juga harus memakai tabir surya di bibir, bahkan selama musim dingin. Bibir memiliki kulit yang tipis dan melanin sangat sedikit, sehingga berisiko mengalami penuaan dan sinar UV yang merusak," tutup Shereene. (Menshealth)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS