Ini Dia Menu Sarapan yang Bikin Kulit Wajah Kinclong

Vania Rossa

Minggu, 18 Februari 2018 | 07:00 WIB
Ini Dia Menu Sarapan yang Bikin Kulit Wajah Kinclong
Ilustrasi sandwich rendah karbohidrat, sandwich sehat, sarapan sehat. (Shutterstock)

Suara.com - Awali hari dengan sarapan untuk bekal beraktivitas seharian. Tapi, tahukah Anda bahwa menu sarapan pun bisa membantu Anda mendapatkan kulit wajah nan kinclong?

"Memberi nutrisi pada kulit saat sarapan lewat makanan adalah cara terbaik untuk mendapat tampilan kulit yang terbaik,” kata Lisa Drayer, R.D., penulis buku The Beauty Diet, seperti dilansir dari laman Women’s Health.

Nah, coba pagi ini Anda siapkan beberapa bahan makanan berikut untuk persiapan mendapat kulit wajah yang diinginkan.

Almond
Almond kaya akan vitamin E, penghalau sinar UV yang sangat kuat. "Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang menghasilkan radikal bebas yang merusak sel," jelas Jeffrey Dover, MD, profesor klinis dermatologi di Yale University. Jadi, jika siang nanti Anda berencana menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, jangan lupa sarapan almond, ya.

Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk membersihkan jerawat karena kaya akan vitamin A. "Vitamin ini membantu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan luar kulit," kata Howard Murad, MD, profesor klinis asosiasi dermatologi di UCLA David Geffen School of Medicine. Alasan lain untuk memilih wortel sebagai menu sarapan adalah: Vitamin A juga mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

Dark Chocolate
Sarapan dengan secangkir cokelat hangat? Hmm… siapa yang tidak mau. Flavonol, antioksidan yang ada dalam cokelat hitam, membantu mengurangi kekasaran pada kulit dan melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, perempuan yang minum cocoa diperkaya dengan 326 miligram flavonol, memiliki tekstur kulit lebih baik dan tahan lebih kuat terhadap sinar UV daripada mereka yang minum cocoa mengandung hanya sejumlah kecil antioksidan.

Teh hijau
Saat diseduh, daun teh hijau akan mengeluarkan catechin, sejenis antioksidan yang terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker. Sebuah studi dalam The Journal of Nutritional Biochemistry tahun 2007 menemukan bahwa minum dua sampai enam cangkir sehari tidak hanya membantu mencegah kanker kulit, tetapi dapat membalikkan efek sinar matahari yang merusak dengan menetralkan perubahan yang muncul pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Bayam
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, orang yang makan sayuran berdaun paling banyak, risiko terkena tumor kulit turun setengahnya dalam waktu 11 tahun dibanding orang-orang yang makan lebih sedikit. Diperkirakan bahwa folat dalam sayuran ini dapat membantu memperbaiki dan mempertahankan kemampuan sel DNA untuk memperkuat untuk memperbarui diri. Daun bayam bisa Anda masukkan ke dalam salad atau selipkan di dalam roti lapis.

Ubi Jalar
Ini dia salah satu menu sarapan favorit di hari Minggu. Tidak hanya enak, tetapi juga sarat dengan vitamin C, yang menghaluskan tampilan keriput. Kandungan vitamin C-nya sangat penting untuk produksi kolagen. Bahkan, sebuah penelitian terbaru di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa relawan yang mengonsumsi sekitar empat miligram vitamin C (itu sekitar setengah ubi jalar ukuran kecil) setiap hari selama tiga tahun, mengalami penurunan munculnya keriput sebesar 11 persen, lho.

baca juga

Ikan tuna
Ikan tuna yang dioles di dalam roti lapis memiliki kandungan selenium yang menjaga kadar elastin, sejenis protein yang membuat kulit Anda halus dan kencang. Antioksidan ini juga diyakini penyangga terhadap matahari (menghentikan pembentukan radikal bebas oleh paparan UV yang merusak sel-sel).

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Pakar Gizi Sebut Sarapan Pizza Lebih Sehat Dibanding Sereal

Pakar Gizi Sebut Sarapan Pizza Lebih Sehat Dibanding Sereal

Health | Rabu, 31 Januari 2018 | 07:46 WIB

Ingin Cepat Langsing? Olahraga Dulu Sebelum Sarapan

Ingin Cepat Langsing? Olahraga Dulu Sebelum Sarapan

Lifestyle | Sabtu, 20 Januari 2018 | 08:08 WIB

Awas, Sering Tak Sarapan Bisa Bahayakan Jantung!

Awas, Sering Tak Sarapan Bisa Bahayakan Jantung!

Health | Jum'at, 19 Januari 2018 | 07:49 WIB

Terkini

Menkeu Purbaya Atur Layer Cukai Baru Guna Berantas Rokok Ilegal

Menkeu Purbaya Atur Layer Cukai Baru Guna Berantas Rokok Ilegal

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:26 WIB

5 Rekomendasi Cushion Ringan untuk Harian dan Sekolah sesuai Review

5 Rekomendasi Cushion Ringan untuk Harian dan Sekolah sesuai Review

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:20 WIB

Bangladesh Ngebet Gantikan India Lawan Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026

Bangladesh Ngebet Gantikan India Lawan Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:15 WIB

Kesaksian Warga Nagekeo Saat Gempa M 7 Guncang NTT: Kami Lari Bawa Lansia dan Tinggalkan Rumah

Kesaksian Warga Nagekeo Saat Gempa M 7 Guncang NTT: Kami Lari Bawa Lansia dan Tinggalkan Rumah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:07 WIB

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:05 WIB

Sampaikan Duka Mendalam, Wapres Gibran Pastikan Penanganan Darurat Gempa NTT Dipercepat

Sampaikan Duka Mendalam, Wapres Gibran Pastikan Penanganan Darurat Gempa NTT Dipercepat

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:59 WIB

Ilusi Kenaikan Gaji: Kenapa Hidup Justru Terasa Makin Pas-pasan?

Ilusi Kenaikan Gaji: Kenapa Hidup Justru Terasa Makin Pas-pasan?

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:51 WIB

Keberhasilan Transformasi Desa Kemiren bersama Kang Edai dan Astra

Keberhasilan Transformasi Desa Kemiren bersama Kang Edai dan Astra

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:50 WIB

Kondisi Darurat! Supermarket Diminta Bagikan Makan ke Korban Gempa NTT, Pemerintah Siap Ganti

Kondisi Darurat! Supermarket Diminta Bagikan Makan ke Korban Gempa NTT, Pemerintah Siap Ganti

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:37 WIB

Buka Pintu untuk Mees Hilgers, Eks Pelatih Manchester United: Tunjukkan Pesonamu

Buka Pintu untuk Mees Hilgers, Eks Pelatih Manchester United: Tunjukkan Pesonamu

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:32 WIB

×