Bolehkah Berhubungan Seks saat Flu?

Ferry Noviandi | Firsta Nodia
Bolehkah Berhubungan Seks saat Flu?
ilustrasi berhubungan seks. (istimewa)

Seperti diketahui, flu mudah sekali menular antara manusia.

Suara.com - Berhubungan seks telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Tapi bagaimana jika tubuh tidak dalam kondisi fit saat akan bercinta? Seperti terserang flu, misalnya, bolehkah pasangan tetap berhubungan seks?

Dilansir dari laman TimesofIndia, virus flu akan mudah menular dalam jarak enam meter dengan penderita. Jika Anda atau pasangan mengidap flu, maka salah satu di antara kalian akan mudah terinfeksi virus flu.

Itu sebabnya berhubungan seks saat flu bukanlah ide yang baik. Dokter Brahmbhatt, MD ahli kesehatan seksual di Florida mengatakan bahwa virus flu bisa hidup selama 15-30 menit di tangan, dan 1-2 jam di atas sprei.

Berhubungan seks selain mendekatkan jarak antara Anda dan pasangan, namun juga memungkinkan adanya kontak mulut dengan mulut yang menjadi gerbang penularan virus influenza.

"Jadi, seks sama sekali bukan ide bagus jika salah satu dari Anda terserang flu," ujar dr Brahmbhatt.

Namun ia menjelaskan, ada cara aman berhubungan seks saat flu yakni dengan melakukan seks oral. Pada kegiatan bercinta ini, mulut akan berkontak dengat alat kelamin sehingga memiliki peluang lebih rendah mentransmisikan kuman atau virus.

"Tapi saat sedang flu tentu bukan saat yang baik untuk seks oral. Hidung hampir sulit bernapas dan Anda kesulitan untuk menikmatinya," tambah dia.

Untuk mengurangi angka kejadian flu, Brahhmbhatt pun merekomendasikan Anda untuk mendapatkan vaksinasi influenza. Alasannya, vaksin ini dapat bekerja penuh melindungi tubuh dari risiko penularan virus influenza.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS