Kaya atau Tidak Seseorang, Bisa Anda Lihat dari Wajahnya

Vania Rossa
Kaya atau Tidak Seseorang, Bisa Anda Lihat dari Wajahnya
Ilustrasi pekerja. (Shutterstock)

Bukan dari penampilannya semata, ya!

Suara.com - Wajah seseorang ternyata mencerminkan apakah ia berasal dari taraf ekonomi yang baik atau justru sebaliknya. Demikian hasil sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Secara umum, orang yang memiliki cukup uang cenderung merasa lebih bahagia dan kurang merasa cemas dibandingkan dengan mereka yang berjuang untuk memenuhi kebutuhannya. “Perbedaan kesejahteraan ini sebenarnya tercermin di wajah orang-orang," kata R. Thora Bjornsdottir, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Toronto kepada CNBC Make It.

Bjornsdottir dan rekan penulisnya, profesor psikologi Nicholas O. Rule, memiliki responden sarjana dari berbagai etnis. Para responden ini diminta melihat foto-foto hitam putih 80 pria kulit putih dan 80 perempuan kulit putih. Tidak ada foto yang menunjukkan tato atau tindikan apapun.

Setengah dari foto-foto itu terdiri dari orang-orang yang berpendapatan lebih dari $ 150.000 atau lebih dari Rp2 miliar setahun, yang mereka tunjuk sebagai kelas atas, dan separuh lainnya adalah orang-orang yang pendapatannya di bawah $ 35.000 atau setara Rp482 juta, yang disebut sebagai kelas pekerja.

Ketika subjek diminta menebak kelas orang-orang di foto, 68 persen tebakan mereka ternyata benar.
"Para responden ini tidak benar-benar menyadari tanda apa yang mereka gunakan saat membuat tebakan ini," kata Bjornsdottir. "Jika Anda bertanya mengapa mereka tidak tahu, ya itu karena mereka memang tidak tahu bagaimana mereka melakukan ini."

Tapi para peneliti ingin tahu, jadi mereka pun memperbesar fitur wajah di foto. Mereka menemukan bahwa subjek masih bisa menebak dengan benar saat mereka hanya melihat mata, begitu juga dengan mulut yang katanya adalah petunjuk yang lebih baik lagi.

"Mungkin karena pola emosi terukir di wajah mereka dari waktu ke waktu," kata Bjornsdottir. Kontraksi kronis otot tertentu sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada struktur wajah Anda sehingga orang lain dapat mengenalinya, bahkan saat mereka tidak menyadarinya.

"Seiring waktu, wajah Anda akan secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalaman Anda," kata Rule. "Bahkan saat Anda berpikir Anda tidak mengekspresikan apapun, jejak emosi itu terekam di wajah."

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS