alexametrics

Ini Penyebab Munculnya Mata Panda, Plus Cara Mengatasinya

Vania Rossa
Ini Penyebab Munculnya Mata Panda, Plus Cara Mengatasinya
Ilustrasi mata panda. (Shutterstock)

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata bisa merusak penampilan. Ini dia cara menghindari dan mengatasinya.

Suara.com - Lingkaran hitam di bawah mata, alias mata panda, jadi musuh semua perempuan. Selain membuat penampilan jadi terlihat kusam dan lelah, juga membuat Anda berusaha ekstra keras untuk menutupinya dengan berbagai concealer dan make up.

Sebenarnya, kenapa muncul lingkaran gelap di bawah mata? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak enam penyebab paling umum si mata panda ini, dan tips mengatasinya dari ahli dermatologi terkemuka, seperti dilansir dari Pop Sugar.

1. Genetika
Genetika sangat berperan dalam hal si mata panda. Menurut Dr. Sonia Batra, dermatologis sekaligus pembawa acara The Doctors, "Kulit yang lebih gelap seperti pada keturunan Mediterania atau Timur Tengah, umumnya memiliki konsentrasi pigmen melanin lebih tinggi di area bawah mata, sehingga menyebabkan perubahan warna di area tersebut.”

Anda memang tak bisa menghilangkan warisan genetik ini, tapi Anda bisa menutupinya dengan menggunakan concealer berwarna pink keemasan.

Baca Juga: Pencuri Uang Nasabah BRI dari Sindikat Terorganisir

2. Kekurangan atau kebanyakan tidur
Bukan hanya kekurangan tidur yang bisa menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata, menurut Batra, kebanyakan tidur juga bisa memberi efek yang sama. "Kebiasaan tidur Anda akan menentukan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, karena pembuluh darah di area ini sangat mudah terlihat akibat tipisnya kulit permukaan kulit. Berbeda dari anggapan banyak orang selama ini yang berpikir kurang tidur bisa menyebabkan mata panda, karena sebenarnya lingkaran akan lebih menggelap saat Anda kebanyakan tidur," katanya.

Ini Penyebab Munculnya Mata Panda, Plus Cara Mengatasinya - 1

"Hal ini karena saat Anda tidur, darah yang mengandung oksigen berkumpul di bawah mata. Tidur dengan posisi tertentu, juga bisa memperburuk lingkaran hitam karena gravitasi menyebabkan darah menempel di bawah mata. Itu juga yang menciptakan kantong mata.”

Solusinya, tidur cukup setidaknya 7 jam sehari. Menurut Brata, jumlah ini sangat cukup untuk membuat Anda merasa segar ketika bangun di pagi hari, sehingga lingkaran hitam yang ditakuti itu tidak akan muncul.

3. Gaya hidup tidak sehat
Pilihan gaya hidup Anda benar-benar memengaruhi penampilan jangka panjang kulit Anda. Batra mengingatkan bahwa merokok dapat mengganggu aliran darah dan bisa membuat lingkaran hitam di bawah mata memburuk.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Nasabah Fiktif Allianz

Ini Penyebab Munculnya Mata Panda, Plus Cara Mengatasinya - 2