Beri Makan Kucing dengan Sayuran, Vegan Asal Australia Dikecam

Ririn Indriani | Risna Halidi
Beri Makan Kucing dengan Sayuran, Vegan Asal Australia Dikecam
Ilustrasi kucing. (Shutterstock)

Diet vegan dinilai tidak cocok untuk kucing.

Suara.com - Vegan asal Australia, Harry Bolman, mendapat kecaman dari warganet lantaran memberi makan kucing dengan sayuran.

Lelaki berusia 53 tahun tersebut mengaku sudah menjadi seorang vegan sejak 38 tahun lalu. Ia kemudian mengadopsi seekor kucing bernama Uma. Sejak tahun lalu, Harry memutuskan untuk menjadikan Uma sebagai vegan, sama sepertinya.

Harry mengaku memberi makan kucingnya berupa sayuran dan makanan kucing khusus vegan lainnya.

Meski mendapat banyak tuduhan sebagai 'pembunuh', Harry mengklaim bahwa protein nabati adalah makanan paling sehat bagi kucing.

"Saya telah menjadi vegan sejak 1980 dan saya selalu memberi makanan vegan kepada hewan peliharaan saya," kata lelaki asal Australia tersebut dilansir dari odditycentral.com.

Harry melanjutkan, Uma adalah kucing pertamanya, tetapi ia telah membesarkan dua anjing secara vegan.

"Anjing paling tua hidup hingga usia 18 tahun dan mereka sangat bahagia dan sehat. Saya mengadopsi Uma satu tahun yang lalu dan saya langsung tahu dia akan menjadi vegan seperti saya. Saya selalu menolak untuk memiliki produk hewani di rumah saya dan Uma telah menjadi kucing vegan sejak saya memgadopsinya pertama kali," terangnya panjang lebar.

Harry mengatakan bahwa Uma benar-benar menyukai pola makan vegan dan selalu menghabiskan makanan dengan lahap. Ia bahkan bilang bahwa Uma dalam kondisi sangat sehat, memiliki bulu yang lebat dan penuh energi.

Namun tentu saja, tidak semua orang setuju dengan Harry Bolman. Faktanya, setelah mengungkapkan bahwa Uma adalah kucing vegan di profil media sosialnya, Harry mendapat banyak reaksi beragam.

"Ada yang mengatakan itu adalah pelecehan hewan dan saya akan membunuh kucing saya. Tapi itu jauh dari benar. Seluruh gaya hidup saya dikhususkan untuk menyelamatkan hewan dan bumi. Saya tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti hewan peliharaan saya," tangkis Harry.

Dr Richard Gowan, seorang dokter hewan dari The Cat Clinic, di Brisbane, Australia, nampak tidak setuju dengan pandangan Harry Bolman.

Ia mengatakan bahwa diet vegan tidak cocok untuk kucing dan Harry melakukannya tanpa dasar penelitian yang jelas. "Kami memiliki beberapa anggota staf vegan dan tidak satu pun dari mereka akan mempertimbangkan memberi makan kucing mereka pola makan vegan. Tindakan ini didasarkan pada penelitian yang sangat terbatas dan buruk," kata Gowan.

Meski mendapat banyak kritikan, Harry Bolman yakin bahwa dia telah melakukan hal yang benar dan berencana untuk terus memberi makan Uma dengan diet berbasis nabati.

"Saya tahu saya melakukan hal yang benar untuk Uma, saya dan bumi. Itu yang terpenting. Mengapa saya harus mendukung industri daging dan pembunuhan hewan yang tak terhitung jumlahnya padahal tidak perlu? Itu baru kejam. Sangat mengecewakan ketika saya melihat seorang vegan memberi makan daging pada hewan peliharaan mereka.

Ini bukan kali pertama seorang vegan mendapat kecaman, karena memberlakukan pola hidup serupa pada hewan peliharaannya.

Awal tahun ini, seorang YouTuber asal Spanyol menghadapi kritik serupa, karena memberi makan hewan peliharaannya diet nabati.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS