alexametrics

Empat Bahan Alami Ini Bisa Mengecilkan Pori - Pori Wajah Lho!

Ririn Indriani | Vessy Dwirika Frizona
Empat Bahan Alami Ini Bisa Mengecilkan Pori - Pori Wajah Lho!
Perawatan alami untuk wajah. (Shutterstock)

Semakin besar pori-pori semakin banyak pula kotoran masuk ke wajah, karenanya perawatan ini jangan dianggap sepele.

Suara.com - Masalah kulit wajah bukan saja jerawat, tetapi pori-pori wajah yang besar juga mengganggu penampilan, dan bila ini yang Anda alami tidak perlu terlalu khawatir karena ada bahan alami yang bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Sadar atau tidak pori-pori yang besar di wajah sering disebabkan oleh diri sendiri misalnya, Anda malas membersihkan wajah, membiarkan wajah terpapar sinar matahari terlalu lama, atau pemakaian kosmetik yang tidak tepat.

Nah, mulai sekarang rawat kulit wajahmu dengan benar dan mulai lakukan perawatan sederhana untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Healthambition merilis, semakin besar pori-pori dapat menyebabkan semakin banyak kotoran yang masuk. Berikut cara mudah mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Baca Juga: Dijual Rp 2,6 Juta, Oppo A3s Bawa Baterai Besar

1. Es batu
Bukan rahasia lagi, es batu sudah banyak disarankan sebagai solusi yang dapat membantu pori-pori mengecil. Batu es akan membuat pori-pori menyempit di kulit wajah.

Perawatan wajah dengan es batu. (Shutterstock)
Perawatan wajah dengan es batu. (Shutterstock)

Cara menggunakannya, ambil es batu di lemari es, kemudian sediakan pembungkus, seperti kain atau plastik. Masukkan es batu ke dalam pembungkus, lalu tempelkan es ke kulit wajah yang terdapat pori-pori besar. Diamkan hingga es mencair.

2. Mentimun
Mentimun memiliki banyak kandungan air yang cukup tinggi. Selain enak disantap dengan sambal, mentimun juga ampuh untuk mengecilkan pori-pori.

Untuk mengaplikasikannya, kamu tidak perlu repot. Cukup cuci mentimun sampai bersih, lalu iris-iris halus. Kemudian tempelkan irisan mentimun ke wajah yang berpori-pori besar. Diamkan selama 30-45 menit sampai mentimun meresap. Lakukan secara rutin ya.

Perawatan wajah dengan mentimun. (Shutterstock)
Perawatan wajah dengan mentimun. (Shutterstock)

3. Masker tomat
Jadikan buah tomas sebagai masker untuk mengecilkan pori-pori. Caranya membuatnya, hanya dengan mencuci dan mengiris tomat halus-halus, lalu tempelkan di seluruh wajah. Diamkan sampai 45-60 menit, tunggu hingga benar-benar meresap. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Kemenkes Imbau Masyarakat Konsumsi SKM dengan Bijak

Perawatan wajah dengan tomat. (Shutterstock)
Perawatan wajah dengan tomat. (Shutterstock)

4. Madu dan lemon
Madu dan lemon juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Caranya, cukup sediakan mangkuk, madu, dan lemon, lalu tuangkan madu secukupnya dan lemon satu buah yang sudah diperas. Aduk hingga rata, lalu oleskan ke wajah sambil dipijat. Biarkan meresap di kulit selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.