Selingkuh, Perlukah Mengaku pada Pasangan?

Vania Rossa
Selingkuh, Perlukah Mengaku pada Pasangan?
Sepasang kekasih sedang berpelukan sambil melihat ponsel masing-masing. [Shutterstock]

Apa untung dan ruginya mengaku telah selingkuh?

Suara.com - Ada banyak alasan mengapa orang selingkuh dari pasangannya. Tetapi apa yang harus Anda lakukan ketika perselingkuhan selesai dan Anda masih ingin bersama pasangan resmi Anda?

Kebanyakan orang mungkin akan mendengar saran bahwa perselingkuhan sebaiknya tak perlu diakui pada pasangan, karena hanya akan menimbulkan pertengkaran dan konflik.

"Anda yang selingkuh, dan jika perselingkuhan selesai, Anda pastilah tidak ingin mengakuinya pada pasangan," kata Megan Fleming, PhD, konselor pernikahan dan terapis seks di New York seperti dilansir dari The Independent.

Alih-alih berbagi cerita yang menyakitkan ini, Dr. Fleming menyarankan untuk fokus pada diri Anda sendiri dan mengidentifikasi alasan kenapa Anda selingkuh.

"Jelas pada tingkat tertentu sebuah hubungan, Anda mungkin akan merasa tertantang," jelasnya.

Meskipun masuk akal untuk melindungi pasangan dari rasa sakit yang tidak perlu, terutama jika perselingkuhan memang benar-benar sudah diakhiri, sebaiknya itu tetaplah menjadi rahasia.

Menurut penulis sekaligus ahli hubungan yang berdomisili di New York, Susan Winter, ada saatnya Anda harus menjaga rahasia, dan ada saatnya pula bagi Anda untuk mengaku.

"Meskipun kejujuran memang ciri dari keintiman sejati, namun ada saat-saat ketika Anda tidak seharusnya memberikan informasi yang kejam dan tidak perlu kepada pasangan Anda," kata Winter.

Menurut Winter, mungkin tergantung juga pada tipe perselingkuhan yang Anda alami. Jika perselingkuhan itu termasuk dalam kategori perselingkuhan satu kali yang didorong oleh alkohol, Winter menyarankan untuk tidak memberitahu pasangan Anda soal ini, karena hanya akan menyakitinya.

Tapi, mungkin aturannya akan sedikit berbeda jika perselingkuhan yang Anda jalani masuk dalam kategori affair dan berlangsung lama. Perselingkuhan jenis ini sebenarnya perselingkuhan yang dilakukan secara sadar.

"Ini adalah pilihan yang Anda buat untuk mengalihkan cinta dan ekspresi seksual Anda dari pasangan Anda, berulang kali" jelasnya. Dan perselingkuhan ini biasanya menunjukkan adanya masalah dalam hubungan, atau dalam diri Anda.

Dalam situasi ini, Winter merekomendasikan agar Anda melakukan terapi sebelum mengaku kepada pasangan bahwa Anda berselingkuh. Terapi dapat mencari tahu apa sebenarnya kebutuhan Anda dari sebuah hubungan, sekaligus hal itu dapat mengatasi masalah hubungan yang tidak seimbang.

Seorang terapis juga dapat memberikan saran tentang cara penyampaian yang sebaiknya digunakan ketika mengakui ketidaksetiaan Anda, hal ini untuk menghindarkan pasangan Anda dari rasa sakit yang tidak perlu.

Namun, jika pasangan memang telah mencium adanya perselingkuhan dan bertanya langsung pada Anda, katakanlah yang sebenarnya. Psikolog dan pakar kencan dan hubungan Madeleine Mason Roantree, mengatakan, "Tidak mudah untuk mengetahui bahwa pasangan kita berselingkuh, tetapi jika memang dicurigai, tak ada gunanya Anda mengelak."

Jadi, sudah siap mengaku pada pasangan bahwa Anda berselingkuh? Ingat saja satu hal ini, sekali Anda mengaku, pasangan mungkin tak akan lagi mempercayai Anda.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS