Secangkir Kopi Dark Roast Ampuh Cegah Demensia dan Parkinson

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Secangkir Kopi Dark Roast Ampuh Cegah Demensia dan Parkinson
Kopi ampuh cegah demensia dan parkinson. (Shutterstock)

Proses pemanggangan kopi seperti apa yang ampuh cegah demensia dan parkinson?

Suara.com - Bagi Anda pecinta kopi pasti tak asing dengan istilah roasting, yaitu proses pemanggangan biji kopi hingga menjadi matang, dalam proses roasting umumnya terdiri dari 3 level (tingkat panggang), yakni light roast, medium roast, dan dark roast dan ampuh cegah demensia dan parkinson

Nah, artikel ini akan membahas tentang level pemanggangan yang paling matang, kopi dark roast, yang mana dari segi rasa pada dasarnya hampir tidak lagi menyimpan karakter apapun selain rasa gosong dan pahit yang hangus. Menurut penelitian kopi dark roast ampuh manangkal penyakit seperti demensia dan parkinson bila dikonsumsi setiap pagi dilansir Dailymail.

Peneliti mengklaim biji kopi panggang dapat memicu pelepasan fenilindan, sekelompok unsur senyawa kimia yang ampuh menghancurkan 'gumpalan' protein yang umumnya berkembang sebagai penyebab alzheimer dan parkinson. Unsur beta amyloid dan tau yang menggumpal di antara neuron. Peneliti juga menegaskan, secangkir kopi bukanlah obat, hanya saja berkhasiat untuk menangkal penyakit dan baik dikonsumsi setiap pagi sebelum memulai rutunitas.

Studi ini dipimpin Dr Donald Weaver, co-director dari Krembil Brain Institute di Kanada. Ia menyatakan, mengkonsumsi kopi tampaknya menimbulkan adanya korelasi penurunan risiko berkembangnya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

“Kami ingin mencari tau lebih rinci dan senyawa apa saja yang ada di dalam kopi, serta bagaimana semua kandungan itu bekerja mempengaruhi penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Berdasarkan temuan awal kami, roasting berkafein atau tanpa kafein menunjukkan hasil yang identik sama,” kata Dr Donald Weaver.

Dari kadar kafein ia menyimpulkan, ada atau tidak sama memiliki hasil yang sama. Bersama rekan-rekan peneliti lainnya, Dr Ross Mancini dan Dr Yanfei Wang, mereka kemudian menguji kadar phenylindanes di level light roast, dark roast dan decaffeinated dark roast, hasilnya ternyata yang memilki tingkat proteksi tinggi demensia dan parkinson lebih banyak terdapat di dark roast.

“Temuan ini menarik tetapi kami menegaskan bahwa kopi bukanlah obat. Itu tidak benar,” kata Dr Weaver.

Bagi Anda pecinta kopi tentu ini kabar baik karena ternyata kopi ampuh cegah demensia dan parkinson.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS