Begini Cara Cegah Kram Perut Saat Menstruasi, Aktifitas pun Lancar

Silfa Humairah Utami
Begini Cara Cegah Kram Perut Saat Menstruasi, Aktifitas pun Lancar
Ilustrasi kram perut saat menstruasi. (Shutterstock)

Bagaimana mengatasi kram perut saat menstruasi? Baca artikel ini.

Suara.com - Banyak perempuan mengalami kram perut atau nyeri haid menjelang atau saat menstruasi.

Hal itu karena tubuh akan menaikkan produksi hormon prostaglandin yang membuat rahim terus berkontraksi dan menegang. Ini membuat munculnya kram perut alias PMS sering kali tidak dapat terhindari.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dari jauh-jauh hari untuk mencegah nyeri haid datang semakin memburuk.

Cara paling mudah untuk mencegah kram perut semakin memburuk adalah dengan menempelkan kompres hangat di perut berulang kali dalam beberapa hari menjelang jadwal menstruasi Anda biasanya. Suhu hangat membantu melemaskan otot-otot perut dan rahim yang menegang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai cara di bawah ini seperti yang direkomendasikan oleh banyak ginekolog dari seluruh dunia dilansir Hello Sehat.

1. Hindari makanan asin, manis, dan kafein

Makanan asin dapat menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan perut kembung. Makanan tinggi gula dapat mengacaukan gula darah, sementara asupan kafein (kopi, teh, soda, dan cokelat) dapat memperparah mood swing dan sifat lekas marah. Semua hal ini ikut andil dalam memperparah gejala PMS dan nyeri haid Anda.

Maka, sebisa mungkin mulai kurangi atau bahkan hindari makan-makanan tersebut ketika jadwal haid Anda mendekat. Selain itu, biasakan makan teratur untuk menghindari gula darah naik turun terlalu cepat, kata Joanne Piscitelli, MD, asisten dosen fakultas kebidanan dan ginekologi klinis di Duke University di North Carolina, Amerika Serikat, dilansir dari Health.

2. Perbanyak asupan magnesium, zat besi, dan asam lemak omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium dapat mengurangi peradangan penyebab nyeri haid. Sementara itu, asupan zat besi dapat membantu mencegah anemia yang sering datang menghampiri saat menstruasi.

Anda dapat memperolehnya dari salmon, sarden, teri, susu, gandum, pisang, jeruk, tahu, kacang kedelai, alpukat, dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Selain dari makanan, Anda bisa minum suplemen. Namun, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter supaya lebih aman. Perbanyak juga minum air putih atau teh hangat untuk mencegah nyeri haid.

3. Olahraga ringan

Rutin olahraga sebelum dan saat menstruasi dapat mengendalikan nyeri PMS. Ini karena selama berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin, senyawa kimia yang membantu meringankan rasa sakit dan menstabilkan mood. Olahraga aerobik, seperti jogging, sepeda, lari, dan jalan kaki adalah pilihan olahraga terbaik Anda untuk mencegah nyeri haid.

4. Minum obat pereda nyeri sebelum sakitnya muncul

Bila Anda selama ini justru minum obat nyeri saat sakitnya sudah telanjur muncul, ubah kebiasaan tersebut jadi sebelumnya. Minum obat pereda nyeri seperti aspirin atau ibuprofen beberapa hari atau setidaknya 12 jam menjelang jadwal haid Anda, sebelum nyerinya benar-benar muncul.

Obat ini bekerja menghambat produksi prostaglandin untuk mengurangi keparahan kontraksi rahim membuat nyeri. Jadi, Anda bisa coba tips ini untuk mencegah nyeri haid atau kram perut saat menstruasi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS