Setel Lagu Favorit Bisa Gali Kreativitas Anda Lho

Silfa Humairah Utami
Setel Lagu Favorit Bisa Gali Kreativitas Anda Lho
Ilustrasi perempuan mendengarkan musik untuk menggali kreatifitas. (Shutterstock)

Ini penjelasan kenapa mendengarkan musik bahagia bisa menggali kreatifitas!

Suara.com - Musik yang bahagia dapat menularkan kebahagiaan dan sebaliknya, lalu mendengarkan musik juga mengembangkan kreatifitas lho.

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan dan pikiran sudah tidak diragukan lagi, penelitian juga menemukan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan bisa meningkatkan kreativitas.

Hampir semua orang mungkin senang mendengarkan musik, meskipun jenisnya beda-beda. Ada orang yang mungkin lebih suka musik yang pelan dan sendu, ada juga yang mungkin lebih suka mendengarkan musik bahagia. Semua itu memang tergantung selera masing-masing dilansir Hello Sehat.

Namun, penelitian baru mengungkapkan manfaat lain dari mendengarkan musik yang bahagia yaitu dapat membuat Anda lebih kreatif.

Dua tim penelitian dari Radboud University di Nijmegen, Belanda dan dari University of Technology Sydney di Australia mengamati cara sederhana dalam meningkatkan kreativitas yaitu dengan mendengarkan musik. Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Dalam penelitian tersebut dilaporkan bahwa mendengarkan musik yang bahagia dapat meningkatkan kreativitas dan Anda jadi lebih banyak menghasilkan solusi dan ide yang inovatif dibandingkan dengan orang yang mendengarkan musik lembut.

Penelitian ini juga menguji beberapa jenis musik lainnya yaitu musik sedih, cemas, dan tenang. Namun, efeknya tidak terlihat. Tampaknya, jenis musik juga penting.

Meskipun alasannya belum jelas, peneliti melaporkan bahwa musik yang bahagia dapat membantu para peserta penelitian jadi lebih fleksibel dalam berpikir. Ini membantu mereka untuk mempertimbangkan ide-ide yang mungkin tak terpikirkan oleh mereka jika menyelesaikan tugas dalam keadaan sepi.

Penelitian ini terinspirasi oleh musik Mozart yaitu keyakinan bahwa mendengarkan musik klasik lebih meningkatkan kreativitas daripada tidak mendengarkan musik apa pun.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 155 orang yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Responden diminta untuk melakukan beberapa jenis musik yaitu musik tenang (gairah rendah), bahagia (gairah tinggi), sedih (gairah rendah), cemas (gairah tinggi), serta tanpa musik.

Hasilnya menunjukkan bahwa musik bahagia adalah musik yang optimal untuk meningkatkan kreativitas peserta penelitian.

Dilansir dari Huffington Post, hampir semua jenis musik bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Namun, efek ini bisa didapatkan jika dibandingkan dengan tidak sama sekali mendengarkan musik.

Selain itu, secara khusus mendengarkan jenis musik yang Anda suka seperti musik klasik, pop, rap, dan jazz dapat membantu kinerja Anda lebih baik, bahkan jika itu hanya sementara.

Peneliti mengungkapkan bahwa kunci agar dapat meningkatkan kreativitas adalah Anda harus menikmati musiknya. Jika Anda tidak menyukai musik yang Anda dengar, Anda tidak akan mendapat inspirasi atau kreativitas apa-apa saat melakukan sesuatu. Sementara jika Anda memang suka dengan musiknya, Anda akan menemukan kreativitas yang lebih baik.

Jadi, sebenarnya tidak harus mendengarkan musik bahagia, kalau Anda lebih senang mendengarkan musik yang mellow atau justru rock, tak jadi masalah asal itu membuat Anda bersemangat hingga menggali kreatifitas Anda. .

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS