Perempuan Wajib Baca, Inilah Sederet Tips Aman Travelling Sendirian

Arsito Hidayatullah
Perempuan Wajib Baca, Inilah Sederet Tips Aman Travelling Sendirian
Ilustrasi tips aman travelling sendirian bagi perempuan. [Shutterstock]

Risiko travelling seorang diri memang lebih tinggi dibandingkan jika bersama rombongan.

Suara.com - Saat ini, perjalanan wisata alias travelling bisa dikatakan sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat pada umumnya. Namun mungkin, baru sedikit yang memberanikan diri untuk berlibur seorang diri, terlebih lagi perempuan.

Bukan tanpa alasan, risiko travelling seorang diri memang lebih tinggi dibandingkan jika bersama rombongan. Padahal, semua orang mengharapkan hanya mengalami hal-hal yang menyenangkan selama travelling.

Namun, travelling sendirian atau bersama rombongan sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk menunda keinginan. Berbekal tips solo travelling yang aman, kini wanita pun dapat melancong sendirian, tanpa harus dihantui bayang-bayang kekhawatiran.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ini cara aman travelling seorang diri bagi para perempuan, yang tak boleh dilewatkan.

1. Selalu Waspada Kapan dan di Mana pun Anda Berada

Tentu saja, hal pertama yang harus diperhatikan saat travelling sendirian adalah waspada dengan lingkungan sekitar di mana pun Anda berada dan kapan saja. Anda mestinya tidak mudah lengah dan percaya begitu saja dengan lingkungan sekitar yang jadi tujuan travelling Anda.

Kewaspadaan ini bisa dimulai dari mawas diri terhadap orang-orang yang baru ditemui atau dikenal di suatu tepat. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal, meski ia terlihat baik.

2. Membawa Senjata Pelindung

Bawalah senjata pelindung setiap kali bepergian, terutama ke tempat yang ramai dikunjungi para wisatawan. Salah satu contohnya adalah pepper spray. Senjata ini bisa berguna ketika ada orang lain yang ingin berbuat jahat kepada Anda.

Kenali setiap orang yang ada di sekitar. Apabila ada gerak-gerik yang mencurigakan, segera siapkan senjata pelindung, agar Anda bisa bergerak cepat menghalau orang tersebut.

Apa pun senjata pelindung yang ingin Anda gunakan, sebaiknya simpan di tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, setiap kali diperlukan, Anda tidak kesusahan untuk mengambilnya.

3. Act Like a Local!

Jadikan diri Anda seperti orang lokal yang tinggal di kota atau negara yang dikunjungi tersebut. Mulai dari cara berpakaian, cara berjalan, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya. Kuasai pula lingkungan di sekitar, agar Anda tidak terlihat jauh berbeda dengan orang lokal.

Hindari menunjukkan sikap gugup atau ketakutan, terutama saat bertanya kepada orang lain. Sebab, hal ini justru mengundang orang lain untuk mengganggu Anda di sepanjang perjalanan.

4. Mengurangi Barang Bawaan

Membawa barang yang tidak penting sebaiknya jangan dibiasakan, apalagi kalau travelling sendirian. Hal ini tentu merepotkan dan membatasi mobilitas Anda ketika hendak bepergian ke sana kemari. Sebaiknya, sesuaikan saja barang bawaan dengan jangka waktu liburan.

Pilah barang yang penting dan tidak penting. Pilih koper dan tas yang pas untuk menampung semua barang bawaan itu, lalu kemaslah barang secara baik. Bawa pula obat-obatan apabila Anda memiliki penyakit khusus.

5. Memilih Transportasi yang Aman

Tentukan transportasi apa yang akan dipakai selama berlibur dari satu tempat ke tempat lain. Apakah itu pesawat terbang, kereta api, kapal ferry, bus atau taxi. Pilih transportasi yang menawarkan tingkat keamanan tinggi, agar keselamatan Anda selama di perjalanan lebih terjamin.

Sesuaikan juga dengan kondisi finansial Anda. Apabila bujet terbatas, tak ada salahnya menggunakan transportasi murah, asalkan Anda pintar menjaga diri.

6. Hindari Berkelana di Malam Hari

Godaan untuk menjelajah tempat lain bisa semakin tinggi saat malam hari tiba, terutama di bidang kuliner. Ditambah lagi ketika perut terasa keroncongan. Kondisi ini bakal menuntun Anda untuk menjajal aneka warung, restoran, atau kafe di malam hari, demi menghilangkan rasa lapar.

Keluyuran di malam hari memang tidak ada salahnya, tetapi sebaiknya jangan pergi sendirian. Ajaklah teman untuk menemani Anda. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan layanan delivery yang ditawarkan oleh beberapa warung, restoran atau kafe.

7. Bawa Sandal dan Sneakers

Siapa pun rasanya ingin terlihat stylish selama liburan. Tetapi jangan sampai menyusahkan diri sendiri. Kalaupun ingin menghadiri acara yang menuntut Anda terlihat anggun, Anda tidak perlu repot sampai memakai high heels.

Pakai sneakers saja sudah cukup ampuh untuk membuat penampilan memukau. Kuncinya, Anda harus memilih pakaian yang sesuai agar tetap terlihat menarik.

Apa pun katanya, travelling pakai sneakers dan sandal jepit memang paling enak. Dan kalau ada orang yang bermaksud jahat, Anda bisa berlari secepat mungkin untuk menghindari orang tersebut.

8. Simpan Nomor-nomor Penting

Sebaiknya simpan nomor-nomor penting selama travelling, baik itu nomor telepon keluarga, teman, hingga polisi. Apabila Anda mengalami situasi apes saat travelling, Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk meminta bantuan. Misalnya saja saat dijambret atau diserempet mobil di jalan raya.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda mempunyai teman di kota atau negara yang dituju. Tujuannya, saat Anda terkena musibah, teman dapat segera membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jangan Terlalu Mencolok agar Tak Jadi Incaran

Apa yang Anda bawa dan kenakan tidak akan pernah luput dari pandangan orang sekitar. Maka, upayakanlah untuk tampil apa adanya di setiap kesempatan. Hindari memakai perhiasan, aksesori mahal, atau menggantungkan kamera di leher, agar Anda tidak menjadi korban kejahatan di tempat yang dituju.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Wajib bagi Milenial

Mengingatkan, Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?

Baru Pertama Kali Berencana ke Luar Negeri? Perhatikan Ini Dulu!

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS