5 Makanan yang Dilarang Dimakan dalam Kondisi Mentah

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
5 Makanan yang Dilarang Dimakan dalam Kondisi Mentah
Ilustrasi kentang. (shutterstock)

Mengonsumsi makanan berikut dapat meracuni tubuh Anda

Suara.com - 5 Makanan yang Dilarang Dimakan dalam Kondisi Mentah.

Di era zaman now, tren kuliner terus berkembang dan bahkan bergeser pada menu unik yang tak terpikirkan sebelumnya. Tak sedikit pula menu kuliner yang membuat Anda harus mengonsumsinya mentah-mentah.

Namun karena alasan kesehatan sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan berikut dalam kondisi mentah. Selain berisiko terjadi kontaminasi bakteri, mengonsumsi makanan berikut dalam kondisi mentah juga dapat meracuni tubuh Anda. Berikut ulasannya seperti dilansir laman Medical Daily.

1. Adonan kue

Bulan lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika mengeluarkan peringatan menjelang musim liburan Natal yakni untuk menghindari konsumsi adonan kue mentah.

Salah satu alasannya, tentu saja, karena resep tersebut mungkin melibatkan penggunaan telur yang mendatangkan risiko terpapar bakeri salmonella. Selain itu tepungnya sendiri mungkin juga mengandung jenis bakteri berbahaya seperti E.coli yang dapat memicu gejala diare.

2. Kentang

Kentang mentah, terutama yang hijau atau bertunas, diduga menghasilkan solanin, yakni jenis akaloid beracun yang dapat menyebabkan diare, mual, kram, sakit kepala, dan dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan kematian. Itu sebabnya Anda diimbau untuk menghindari konsumsi kentang hijau meskipun dimasak.

"Selain solanin, kentang mentah juga mengandung pati yang sulit dicerna sehingga memicu masalah pencernaan yang serius," ujar Dr. Lisa Davis, kepala petugas nutrisi di Terra’s Kitchen.

3. Singkong

Selain kentang, singkong juga berbahaya jika dikonsumsi mentah atau setengah matang karena mengandung senyawa yang dapat diubah menjadi hidrogen sianida dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala ekstrem seperti masalah pernapasan, tekanan darah turun, pusing, muntah, diare, kebingungan, dan kejang-kejang.

Badan Standarisasi Makanan di Australia & Selandia Baru menyarankan orang untuk mengupas dan mengiris singkong lebih dulu sebelum memasaknya dengan cara dipanggang, digoreng, atau direbus untuk mengurangi risiko keracunan.

4. Babi

Babi dilaporkan mengandung parasit seperti Trichinella spiralis. Jika dikonsumsi mentah-mentah bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami penyakit dan berbagai efek samping mulai dari demam, sakit perut dan mual.

"Dan, pada tahap infeksi selanjutnya, dapat menyebabkan mialgia, yaitu pembengkakan pada wajah atau di sekitar mata," kata Dokter spesialis anak Nipunie Rajapakse.

5. Kacang merah

Makan kacang merah mentah dilaporkan dapat menyebabkan gejala mual yang ekstrem, muntah hebat, dan diare karena kandungan phytohaemagglutinin didalamnya. Disampaikan Jennifer Christman, ahli diet perusahaan di Medifast, untuk menghilangkan toksin ini, kacang merah perlu direndam selama 5 jam.

"Selanjutnya, Anda harus mencuci dengan air mengalir dan merebus kacang yang direndam dalam air segar selama setidaknya 30 menit. Perlu diingat bahwa ini tidak berlaku untuk kacang merah kalengan yang hanya perlu dipanaskan," tandas dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS