5 Tips Merawat Wajah Berminyak dan Sensitif

Silfa Humairah Utami
5 Tips Merawat Wajah Berminyak dan Sensitif
ILustrasi merawat wajah berminyak dan kulit sensitif. (pinterest)

Apa tips merawat wajah berminyak dan kulit sensitif?

Suara.com - Perempuan biasanya cukup peduli dengan kesehatan wajahnya. Khususnya yang memiliki kulit sensitif dan berminyak. 

Kulit sensitif sangat mudah bereaksi dengan berbagai faktor eksternal, termasuk perubahan cuaca dan bahan kimia dalam produk kecantikan, Reaksi yang ditunjukkan biasanya berupa munculnya bisul atau bintik-bintik merah hingga kulit yang menjadi sangat kering.

Namun, dengan cara perawatan yang tepat, sebagian besar komplikasi kulit seharusnya bisa dicegah.

Berikut adalah lima tips merawat wajah berminyak dan kulit sensitif dirangkum Dewiku.

1. Hindari sinar UV

Paparan sinar matahari di atas jam sepuluh bisa mengancam kecantikan kulit wajah kamu. Sinar UV yang rawan merusak lapisan kulit sehingga memunculkan keriput, masalah kulit kering, dan berjerawat.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kulit tetap cantik meski punya aktivitas padat di luar, yaitu memakai krim yang mengandung SPF tinggi atau pakai topi guna meminimalisir serangan terik matahari.

2. Ubah pola makan

Ada pepatah mengatakan, ‘’Kamu adalah apa yang kamu makan’’. Ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Konsumsi makanan sehat sehingga kulitmu juga akan terlihat lebih menawan. Vitamin-vitamin yang ada di dalam sayuran dan buah-buahan segar akan menutrisi kulit cantikmu.

3. Rajin cuci muka

Usai beraktivitas seharian, dapat dipastikan ada berlapis-lapis kotoran menempel di kulit muka. Itulah mengapa ada kewajiban membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari, menggunakan produk yang tepat.

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat tentu berbeda dengan jenis kulit lainnya. Tekstur sabun haruslah lembut bagai gel dan tidak mengandung zat iritatif. Usahakan pula untuk hindari scrub karena mampu mengikis lapisan pelindung kulit wajah.

4. Pelembab

Tipe kulit normal, kering, maupun berminyak membutuhkan yang namanya pelembab. Hanya saja, pada tipe kulit sensitif, ada sedikit perlakuan yang berbeda. Kadar minyak pada pelembab haruslah imbang alias tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit.

Kandungan pelembab juga menentukan, lho. Asam lipoat, asam glikolat, dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan jerawat pada tipe kulit sensitif.

5. Utamakan label hypoallergenic

Tidak banyak orang tahu kalau ada label-label tertentu yang akan sangat membantu dalam memilih produk kecantikan, salah satunya adalah hypoallergenic. Apabila kamu menemukan kata tersebut pada suatu produk dan kebetulan kulit kamu super sensitif, segera masukkan dalam daftar pertimbangan.

Hypoallergenic adalah istilah untuk menyatakan bahwa kandungan produk minim timbulkan alergi. Bagi kulit sensitif, bahan satu ini lebih aman. Tidak hanya produk perawatan wajah, makeup pun bisa saja berlabel hypoallergenic.

Itulah tadi beberapa cara merawat wajah berminyak dan kulit sensitif. Sebagai catatan, sebisa mungkin waspadai adanya suhu ekstrem seperti terlalu panas atau dingin, perubahan hormon, serta stres berlebih yang juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulitmu. Alana Patricia Chandra (Mahasiswa Universitas Bina Nusantara)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS