Mengenal Sejarah Pangkas Rambut Lewat Buku "Peradaban Rambut Nusantara"

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Mengenal Sejarah Pangkas Rambut Lewat Buku "Peradaban Rambut Nusantara"
Event Rilis Buku Peradaban Rambut Nusantara [Suara.com/Risna]

Penulis menjelajah Nusantara dari Aceh hingga Papua untuk mendokumentasikan sejarah pangkas rambut.

Suara.com - Mengenal Sejarah Pangkas Rambut Lewat Buku "Peradaban Rambut Nusantara".

Sebuah buku sejarah mengenai budaya pangkas rambut diluncurkan oleh dua saudara, Oky Andries dan Fatsi Anzani dengan judul "Peradaban Rambut Nusantara".

Keduanya mengaku telah menjelajah Nusantara dari Aceh hingga Papua sejauh 8.000 kilometer, untuk mendokumentasikan sejarah pangkas rambut dalam buku setebal 259 halaman tersebut.

Lewat perjalanan tersebut, penulis buku sekaligus Director Chief Company, Fatsi Anzani mengatakan bahwa ia mencatat ada 4 etnis yang menjadi pelopor seni cukur rambut secara turun-temurun di Indonesia, yaitu suku Minang, Garut, Madura dan Tionghoa. 

"Di buku ini kami mengungkap kunci keberhasilan mereka yang bertahan lintas generasi, berdampingan dengan barber muda yang mencoba bertahan di tengah kuatnya persaingan antar barber modern saat ini," kata Fatsi Anzani saat peluncuran buku di Perpustakaan Nasional, Senin, (18/2/2019).

Fatsi juga mengklaim bahwa buku tersebut merupakan buku pertama dan satu – satunya yang mencatat sejarah panjang budaya cukur rambut Indonesia. 

"Buku ini merupakan langkah kecil Chief Company dalam memetakan perjalanan masa depan industri barbershop yang kami geluti saat ini. Kami berharap buku ini bisa menggambarkan kepada seluruh pelaku industri barber bukan hanya dari sisi bisnis tetapi nilai budaya dan tradisi pangkas rambut di Indonesia", tambah Oky Andries dalam acara yang sama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS