Coba Kormo! Platform Baru yang Bantu Milenial Cari Kerja di Sektor Informal

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Coba Kormo! Platform Baru yang Bantu Milenial Cari Kerja di Sektor Informal
Ilustrasi pencari Kerja, melamar kerja, job seeker. (Shutterstock)

Generasi milenial kesulitan mencari pekerjaan, terutama untuk sektor informal.

Suara.com - Coba Kormo! Platform Baru yang Bantu Milenial Cari Kerja di Sektor Informal

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor tenaga kerja informal telah menjadi kontributor utama bagi tenaga kerja Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sektor tenaga kerja informal berhasil menyerap 58 persen tenaga kerja, lebih tinggi dari tahun lalu. Per Agustus 2018, jumlah pekerja sektor informal mencapai 70,5 juta, lebih banyak dari pekerja di sektor formal.

Namun, salah satu tantangan umum bagi pencari kerja saat ini, yakni generasi milenial adalah kurangnya informasi dan platform pencari pekerjaan, terutama untuk sektor informal. Untuk mengatasi masalah ini, Kormo hadir sebagai aplikasi pencari kerja dari Google Area 120, workshop Google untuk proyek eksperimental.

Platform ini dikembangkan untuk fokus dalam menghubungkan pencari kerja dengan penyedia kerja sektor informal. Menggunakan machine learning dari Google, nantinya muncul rekomendasi lowongan kerja yang disesuaikan dengan profil pengguna dan aktivitas pengguna dalam aplikasi.

Kormo, platform seputar pencari kerja [press release]
Kormo, platform seputar pencari kerja [press release]

Selain itu, aplikasi ini membantu para pencari kerja untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui fitur "Belajar", di mana Kormo menyediakan modul pembelajaran dalam bentuk video dan artikel. Para pencari kerja akan mendapatkan lencana setiap kali mereka selesai mempelajari modul, sehingga penyedia kerja dapat mengetahui jenis keterampilan atau pengetahuan yang dimiliki pelamar.

Bickey Russell, Founder dan Lead Kormo mengatakan, melalui fitur belajar dari aplikasi, para pencari kerja dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja. 

“Untuk menghadirkan peluang kerja yang relevan, Kormo bermitra dengan berbagai macam bisnis, mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan kecil atau menengah, agar makin banyak lowongan pekerjaan dan makin banyak para pencari kerja yang bisa melamar secara langsung,” kata Bickey Russell melalui keterangan pers yang diterima Suara.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS