Ini Tantangan Entrepreneur Muda di Industri Desain Interior

Silfa Humairah Utami
Ini Tantangan Entrepreneur Muda di Industri Desain Interior
Talk show bertema Empowering Creative Millennials yang diselenggarakan di Pameran IndobuildTech 2019. (Dok Taco)

Apa saja tantangan entrepreneur muda di industri desain interior?

Suara.com - Ini Tantangan Entrepreneur Muda di Industri Desain Interior.

Sektor industri desain interior menjadi peluang besar bagi entrepreneur muda. Memahami kondisi ini, TACO, market leader dalam kategori High Pressure Laminates (HPL) di Indonesia, menyampaikan inisiatif perusahaan dalam pemberdayaan entrepreneur melalui media talk show bertema Empowering Creative Millennials yang diselenggarakan di Pameran IndobuildTech 2019.

Alex Bayu, Desainer Interior dan Founder Genius Loci, menuturkan entrepreneurs industri ini memiliki beberapa tantangan.

“Utamanya, masih banyak entrepreneur yang belum menyadari bahwa industri ini memiliki potensi tinggi. Banyak yang kurang adaptif pada desain-desain baru yang rumit, serta produktivitas dan tingkat efisiensinya rendah dibanding negara-negara lain di Asia. Adaptasi pegiat desain interior perlu digiatkan melalui pelatihan dan mentoring yang tepat,” jelasnya.

Beberapa tantangan yang dihadapi oleh entrepreneur juga dijelaskan lebih lanjut oleh pelaku usaha milenial Virgo Artadinata, Pengusaha Furnitur millennial asal Semarang yang sukses mengekspansi produknya hingga luar negeri, menuturkan kebanyakan pengusaha pegiat desain interior, khususnya furnitur menguasai keterampilan secara otodidak yang memerlukan waktu belajar cukup lama.

Belum lagi masih banyak sekali yang buta melihat pasar dan kebutuhan yang ada sehingga mengalami kesulitan memasarkan produk dengan harga layak. Akses terhadap material yang terjangkau juga penting untuk mendorong inovasi produk.

“Meski penjualan online alami peningkatan, masih banyak pengusaha di industri ini yang belum memanfaatkan saluran online dengan maksimal. Akibatnya pemasaran produk mereka tidak mencapai pasar yang tepat. Dekoruma memberikan dukungan berupa saluran pemasaran yang menampung informasi visual produk dari pengusaha, selain itu Dekoruma juga menawarkan layanan konsultasi desain interior yang juga memberi ruang bagi para desainer untuk bergabung berbagi rancangan desain,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, TACO sebagai salah satu pemain utama dalam bidang desain interior terdorong untuk memberdayakan semangat entrepreneur Indonesia melalui strategi berupa: Investasi - membangun pabrik yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) demi menyediakan bahan terjangkau di seluruh indonesia untuk produksi furnitur yang diperlukan para entrepreneur guna mendukung usaha mereka.

Satria Utama VP Marketing TACO, menuturkan pihaknya ingin mengedukasi - bekerjasama dengan universitas, komunitas UMKM pengrajin furnitur dan juga interior desainer terkemuka untuk memberikan pelatihan mulai dari skill, strategi bisnis dan pemasaran dan Amplifikasi - memanfaatkan semua sarana media untuk mengamplifikasi dan mempromosikan karya-karya yang dibuat oleh entrepreneur yang telah dijajaki TACO.

"Serta mendukung acara desain interior seperti The Colors of Indonesia 2018 dan IndobuildTech 2019, untuk menjawab tantangan entrepreneur muda di industri desain interior, " jelas Satria Utama. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS