Benarkah Dengar Lagu Senang atau Sedih Bisa Pengaruhi Psikologis?

Silfa Humairah Utami
Benarkah Dengar Lagu Senang atau Sedih Bisa Pengaruhi Psikologis?
Ilustrasi seseorang mendengarkan lagu. (Shutterstock)

Bagaimana mendengarkan lagu galau bisa pengaruhi psikologis?

Suara.com - Benarkah Dengar Lagu Senang atau Sedih Bisa Pengaruhi Psikologis?

Tanpa disadari saat mendengarkan lagu senang atau lagu sedih, mood Anda bisa berubah sendirinya. Ada dampak tertentu yang mempengaruhi psikologi lho.

Anda akan merasakan beberapa dampak berikut seperti dikutip dari Psychology Today.

Lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih Anda. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif Anda muncul, seperti sedih, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tidak senang. Jadi perasaan sedih Anda tidak akan berlarut-larut.

Pendengar musik menyadari perbedaan antara realitas dan apa yang digambarkan dalam lagu. Perbedaan ini memungkinkan pendengar merasakan emosi negatif dalam pikirannya, tanpa membuatnya berperilaku negatif.

Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

Dengan mendorong kita melakukan refleksi terhadap diri sendiri, lagu galau bisa membantu pendengarnya menggunakan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan pendewasaan pribadi.

Lagu galau atau sedih bisa mempengaruhi pendengarnya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi. Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau, akan mengingatkannya bahwa ia pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya ia masih baik-baik saja.

Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati. Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif, serta membuatnya puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut.

Meskipun mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagub bernuansa galau ini. Ketika Anda sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun.

Pakar hubungan, Susan Winter, mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Adele bisa membantu kita bangkit dikutip dari Hello Sehat.

“Adele menyadari bahwa cinta merupakan hadiah yang bertahan lama. Tetapi juga lirik lagunya berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangan kita berbahagia di hidupnya yang baru meskipun tanpa kita,” tutur Winter.

Masih kata Winter, berupaya merasakan hikmah dari kesedihan yang kita alami juga bisa membantu kita lebih tenang dan lebih mudah beranjak ke babak baru.

“Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat,” tandasnya.

Jadi lepaskan emosi Anda saat sedang memiliki masalah dengan mendengarkan galau sedih atau lagu galau lalu setelah emosi Anda keluar, hibur diri dengan sugesti diri dengan lagu senang. Selamat mencoba. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS